BRI Finance Berikan Literasi Jaminan Fidusia Kendaraan Bermotor, Dalam Rangka Multifinance Day

 BRI Finance Berikan Literasi Jaminan Fidusia Kendaraan Bermotor, Dalam Rangka  Multifinance Day

Literasi keuangan yang diberikan oleh BRI Finance bekerja sama dengan Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI)--

 

Jakarta, Radarseluma.Disway.id, – PT BRI Multifinance Indonesia (“BRI Finance”) sebagai bagian dari perusahaan anak BUMN PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. turut memberikan literasi keuangan menyambut Multifinance Day tahun 2024. Multifinance Day merupakan upaya Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) bersama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk memperkenalkan lebih dekat produk-produk pembiayaan kepada masyarakat guna meningkatkan literasi keuangan di Indonesia.

 

BACA JUGA: Inspektorat Turun Periksa Oknum PPPK Pelaku Begal Payudara, Nasibnya Terancam Dipecat

BACA JUGA: Perintah Sang Ayah, JK Membabi Buta Bacok Anggota Polres Seluma! Satu Anggota Reskrim Tewas

Literasi keuangan yang diberikan oleh BRI Finance bekerja sama dengan Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI), dengan tema “Sosialisasi Undang-Undang Jaminan Fidusia & Penerapan di Industri Pembiayaan” ini dilaksanakan pada 10 Oktober 2024 di Hotel Aston, Pontianak. Sosialisasi ini juga turut menghadirkan narasumber dari Mabes Polri, OJK, serta Kementerian Hukum dan HAM.

 

Fidusia diambil dari bahasa Belanda yakni Fiduciaire Eigendom Overdracht, sedangkan dari bahasa Inggris yaitu Fiduciary Transfer of Ownership. Jika diterjemahkan, kedua bahasa tersebut diterjemahkan memiliki arti penyerahan hak milik yang memiliki dasar kepercayaan. Dari Undang-undang Nomor 42 tahun 1999, fidusia memiliki arti tersendiri yaitu pengalihan hak kepemilikan suatu benda atas dasar kepercayaan dengan ketentuan bahwa benda yang hak kepemilikannya dialihkan tersebut tetap dalam penguasaan pemilik benda.

 

Direktur Bisnis BRI Finance sekaligus Ketua Bidang Hubungan Industri Jasa Keuangan APPI, Primartono Gunawan, mengungkapkan, “Dari sudut pandang pembiayaan, penting bagi masyarakat untuk memahami UU Jaminan Fidusia. Sebagaimana yang diatur dalam UU 42 tahun 1999, jaminan ini merupakan pilihan yang bisa digunakan atau tidak digunakan. BRI Finance di bawah pengawasan OJK mengimplementasikan penjaminan ini untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi debitur.”

BACA JUGA: Sudah Ada MPP BS, Sekda Minta Pelayanan Terhadap berkualitas Ditingkatkan

Dalam kesempatan ini pula dan juga bentuk dukungan terhadap Multifinance Day, BRI Finance menawarkan suku bunga yang kompetitif, mulai dari 2,75% per tahun untuk pembiayaan mobil baru dan 8,42% per tahun untuk pembiayaan mobil bekas. BRI Finance secara optimis dapat menyediakan solusi pembiayaan yang tepat dan juga menguntungkan bagi masyarakat seiring dengan peningkatan permintaan kendaraan bermotor menjelang akhir tahun 2024.

 

Direktur Utama BRI Finance, Wahyudi Darmawan, menyampaikan, “BRI Finance secara profesional memahami kebutuhan masyarakat di situasi saat ini. Untuk itu sesuai komitmen kami, BRI Finance ingin memberikan solusi yang dapat memudahkan masyarakat dalam mencapai tujuan finansial mereka.”

 

Melalui program BRIFlash (Fasilitas Dana Tunai), BRI Finance memberikan kemudahan yang memungkinkan calon debitur untuk memperoleh dana tambahan untuk kebutuhan lainnya untuk biaya pendidikan, renovasi rumah, liburan, ataupun kebutuhan konsumtif lainnya hingga Rp 500 juta. BRIFlash ini ditawarkan dengan suku bunga mulai dari 9,12% per tahun dengan agunan BPKB mobil.

 

BACA JUGA:Mobil Toyota Avanza Model Baru dengan Fitur Sistem Canggih Memikat Para Pecinta Otomotif

BACA JUGA:Inilah Penyebab Runtuhnya Kerajaan Majapahit Serta Bukti Peninggalan Sejarahnya

Multifinance Day menjadi kesempatan langsung antara perusahaan pembiayaan dan masyarakat guna memperkenalkan produk-produknya secara aman, dibawah pengawasan OJK. Di tahun kedelapan pelaksanaannya secara spesifik, Multifinance Day akan digelar di Pontianak, Kalimantan Barat pada tanggal 11-13 Oktober 2024.

Sumber: