Tambang Bukan Harta Terbesar Indonesia, Paus Fransiskus Sebut Kerukunan

Tambang Bukan Harta Terbesar Indonesia, Paus Fransiskus Sebut Kerukunan

Paus Fransiskus tandatangani deklarasi istiqal--

"Menyikapi dua krisis tersebut, sambil berpedoman pada ajaran agama masing-masing dan mengakui kontribusi dasar dan falsafah negara Pancasila, kami bersama para pemimpin agama lain yang hadir menyerukan hal-hal," kata Ismail di Masjid Istiqlal, Jakarta Selatan, Kamis (6/9/2024).

 

 

Deklarasi Istiqlal 2024 menekankan pentingnya dialog antaragama. Agama, menurut Ismail, seharusnya menimbulkan cinta kasih kepada sesama, bukan permusuhan.

 

"Oleh karena terdapat satu keluarga umat manusia di seluruh dunia, dialog antar-umat agama harus diakui sebagai sebuah sarana yang efektif untuk menyelesaikan konflik-konflik lokal, regional dan internasional, terutama konflik-konflik yang dipicu oleh penyalahgunaan agama," katanya.

 

Seusai pembacaan Deklarasi Istiqlal, dokumen deklarasi tersebut lalu ditandatangani oleh Paus Fransiskus dan Imam Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

 

 

Berikut ini isi Deklarasi Istiqlal 2024:

 

1. Nilai-nilai yang dianut oleh tradisi agama-agama kita harus dimajukan secara efektif, untuk mengalahkan budaya kekerasan dan ketidakpedulian yang melanda dunia kita. Sejatinya nilai-nilai agama harus diarahkan untuk meningkatkan budaya hormat, martabak bela rasa rekonsiliasi dan solidaritas persaudaraan untuk mengatasi dehumanisasi dan perusakan lingkungan.

 

BACA JUGA:Nikmati Event Berkala Di Higgs Domino Global Terbaru 2024

Sumber: