Kejari Seluma Gelar Restorasi Justice Kasus KDRT Warga SAM, Usai Sepakat Berdamai

Kejari Seluma Gelar Restorasi Justice Kasus KDRT Warga SAM, Usai Sepakat Berdamai

Jaksa sebut kasus KDRT SAM direstorasi justice --

 

SELEBAR, Radarseluma.Disway.Id,  - Dalam proses penanganan kasus tindak pidana, tidak semuanya berakhir di meja hijau (Persidangan). Melainkan, dalam proses tindak pidana tertentu dapat dilakukan dengan Restorasi Justice (RJ) atau pemulihan hubungan antara pelaku tindak pidana dengan korban.

 

Seperti proses penanganan kasus tindak pidana Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Kejaksaan Negeri Seluma melaksanakan Restorasi Justice, dalam perkara KDRT antara Bayu Aji Saputra (27) dan Cantika (25) yang sebelumnya perkara ini telah dilimpahkan oleh pihak Kepolisian Polsek Semidang Alas Maras (SAM).

 

BACA JUGA:Spesifikasi New Pajero Sport 2024 SUV Andal dan Populer di Pasar Otomotif dengan Fitur Teknologi Canggih

BACA JUGA:Toyota Avanza Generasi Baru Dipamerkan di Gaikindo Auto Expo dan Dirilis Hasil Kolaborasi Toyota Astra Motor

 

Dikatakan Kajari Seluma, Dr Eka Nugraha, SH MH melalui Kasi Pidana Umum (Pidum), Alman Noveri, SH, jika dalam pelaksanaan RJ ini dilakukan sesuai dengan Peraturan Kejaksaan Nomor 15 tahun 2020. Sehingga merujuk dari peraturan ini pihaknya melaksanakan RJ dalam perkara KDRT yang perkaranya terjadi di wilayah hukum Polsek SAM, Polres Seluma.

 

"Dasar kita melaksanakan RJ ini adalah surat perdamaian pelaku dan korban yang telah sepakat melakukan perdamaian. Yang juga disepakati oleh keluarga," sampainya.

 

Adanya dasar surat perdamaian antara pelaku dengan korban yang juga disepakati oleh pihak keluarga dan masyarakat. Maka pihak Kejaksaan Negeri Seluma menerbitkan Surat Pemberitahuan Penyelesaian Perkara (SP3) atas kasus perkara KDRT antara pelaku dengan korban.

 

Sumber: