Armada Tong Sampah Kurang, DLHK Kesulitan Atasi Sampah

 Armada Tong Sampah Kurang, DLHK Kesulitan Atasi Sampah

Dinas Kebersihan BS butuh armada--

 

BENGKULU SELATAN, Radarseluma.Disway.Id,  - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) BENGKULU SELATAN (BS) kesulitan atasi masalah sampah, lantaran kekurangan armada pengakut sampah, armada tong sampah.

 

BACA JUGA: Upaya Perpusda BS Tingkatkan Literasi Warga, Hadirkan Perpusda Keliling Tanpa Dipungut Biaya

BACA JUGA:Pemkab Bengkulu Selatan Usulkan Pembangunan Energi Terbaru Energi Air Berupa PLTMH

"Munculnya sampah liar itu tidak dimungkiri karena kurangnya armada tong sampah, dan ditambah kurangnya maksimalnya mobil pengangkut sampah,"ungkap Kepala DLHK BS, Ahroni SP.MM.

 

Dikatakan Ahroni, kebutuhan armada pengangkut sampah jauh kurang ideal, bahkan truk 6 unit 2 yang masih pantas layak guna. Sepatutnya 10 unit.

 

Ia mengakui keterbatasan armada truk sampah, armada kontiner dan tong sampah menambah deretan permasalahan dalam penanganan sampah di Bengkulu Selatan. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan dukungan pasilitas pendukung alat angkut sampah, tempat penampung sampah. Busa juga dukungan melalui pokir dewan.

 

"Harapan saya secara bertahap akan melakukan perbaikan,  terutama masalah tong sampah nantinya, diupayakan di APBD 2025 serta menggandeng perusahaan untuk dibantu melalui dana CSR,"pungkas Ahroni.

 

Ahroni menambahkan sampah berserakan di rumah atau di tanah membusuk akan menimbulkan banyak bakteri tumbuh di atasnya, dan terutama saat cuaca hangat dan lembab. Kemudian bakteri dan parasit akan menularkan berbagai penyakit bisa tersentuh oleh manusia.

Sumber: