Kemarau, Masyarakat Seluma Mulai Kesulitan Air Bersih

Kemarau, Masyarakat Seluma Mulai Kesulitan Air Bersih

Dandim Seluma Survey lokasi pembangunan fasilitas untuk Air Bersih--

Lanjutnya, setelah dirinya turun kelapangan, kondisi kekurangan Air bersih banyak terjadi di beberapa wilayah di Seluma, bahkan tak sedikit mendapati Pamsimas sudah tak berfungsi lagi.

 

Hal ini telah terjadi bertahun tahun setelah tidak berfungsinya PDAM dan pamsimas yang telah ada. Karena memang PDAM dan pamsimas tidak ada perawatan berkala.

 

Mengingat banyaknya pamsimas yang rusak, itu disebabkan oleh tidak adanya biaya pemeliharaan yang dikeluarkan oleh Pemkab Seluma dikarena tidak adanya anggaran untuk pemeliharaan pamsimas. Termasuk iuran ke penerima manfaat juga sangat sulit untuk di minta iuran.

BACA JUGA:Daftar Harga Bahan Pokok Di Seluma, Dari Beras Hingga Mie Instan!

BACA JUGA:Djarot : PKS Berani Nggak Usung Ahok di Pilgub Jakarta?

" Nah anggaran ini bisa dilakukan dengan gotong royong, dalam artian masyarakat penerima air bersih dikenakan beban. Namun, di setiap desa terkendala regulasi karena banyak dari masyarakat enggan membayar sebab tak ada ketentuan, " ujar Nofi Eriyan Andesca.

 

Dalam hal ini, Pemkab Seluma maupun OPD terkait harus mencari solusi terkait banyak pamsimas yang rusak akibat tak ada pemeliharaan atau perawatan berkala.

 

Padahal keberadaan pamsimas ini sangat diperlukan oleh masyarakat terutama saat musim kemarau, terlebih dengan kondisi wilayah diperbukitan.

 

" Ini seharusnya jadi pengalaman Pemkab Seluma dalam bentuk pembangunan Pamsimas. Kedepannya proyek proyek pengairan seperti pamsimas ini kedepannya agar ada biaya pemeliharaan atau regulasi yang dikeluarkan oleh Pemkab Seluma sebagai petunjuk," akhirnya. (ndo) 

Sumber: