Musim Panas Penyebab Sawit Tidak Berbuah

Musim Panas Penyebab Sawit Tidak Berbuah

Tanaman Sawit--

 

 

PEMATANG AUR - Anjloknya penghasilan petani sawit di Kabupaten Seluma, saat ini jadi perbincangan hangat. Pasalnya hal ini dirasakan seluruh petani sawit di Kabupaten Seluma. Bagaimana tidak biasanya penghasilan sawit yang biasanya 1 ton lebih per hektare sawit, kini petani hanya mendapatkan hasil 300 kg.

 

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma, Arian Sosial melalui Kabid Perkebunan, Jhon Marles mengungkapkan bahwa dirinya memang sudah mendapatkan laporan terkait treknya buah sawit di Kabupaten Seluma, disampaikannya bahwa banyak faktor yang mempengaruhi tidak berbuah nya sawit saat ini, salah satunya curah hujan yang rendah sehingga sawit tidak berbuah.

 

 

" Kalau tidak salah fenomena El Nino sudah berlangsung sejak tahun 2023 lalu, sebenarnya kalau secara umum tanaman sawit merupakan tanaman yang sangat banyak membutuhkan air, namun rendahnya curah hujan di Kabupaten Seluma membuat dampak signifikan terhadap tanaman sawit, seperti yang terjadi disaat ini" jelas Jhon Marles, Senin (12/8).

 

BACA JUGA:Upaya Petani Sawit Bayar Kredit, Terganjal Buah Sawit Ngetrek, Kredit Petani Sawit Bermasalah

BACA JUGA:Sudah Ribuan Tentara Ukraina Masuk Ke Rusia, Ingin Kacaukan Rusia

Dilanjutkannya, memang laporan yang masuk seperti di Kecamatan Air Periukan petani sawit sudah mengeluh. Diketahui tanaman sawit sangat membutuhkan banyak kadar air, kalau dipaksakan dengan dilakukan pemupukan pastinya tidak akan berdampak baik pada tanaman sawit karena musim panas.

 

 

Sumber: