Inflasi Domestik Menurun pada Bulan Juli 2024

Inflasi Domestik Menurun pada Bulan Juli 2024

Bank Mandiri Economic--

Berdasarkan provinsi, inflasi tahunan tertinggi terjadi di Provinsi Papua Pegunungan sebesar 5,09% yoy dengan IHK sebesar 110,80, sedangkan inflasi terendah terjadi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebesar 0,84% yoy dengan IHK sebesar 103,54.

 

Adapun inflasi kabupaten/kota tertinggi terjadi di Kabupaten Minahasa Selatan sebesar 6,68% yoy dengan IHK sebesar 108,77 dan terendah terjadi di Kabupaten Bangka Barat sebesar 0,46% yoy dengan IHK sebesar 101,63.

 

Tim riset Bank Mandiri memperkirakan tingkat inflasi pada akhir tahun 2024 sebesar 3,19% yoy, meningkat secara moderat dari tahun sebelumnya sebesar 2,81% yoy.

Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti gejolak harga energi, termasuk pelemahan nilai tukar rupiah yang mendorong kenaikan imported inflation sejalan dengan meningkatnya harga barang impor.

BACA JUGA:Mobil Sejuta Umat, Mobil Laris Penjualan Mobil Toyota Avanza Bertipe MPV Terus Meningkat Banyak Penggemar

 

 Secara umum, kami memperkirakan  inflasi domestik masih tetap terkendali, sesuai dengan target Bank Indonesia yang berada pada kisaran 1,5%-3,5%. Hal ini sejalan dengan koordinasi yang baik antara Bank Indonesia dan Pemerintah melalui bauran kebijakan moneter yang pro-stabilitas dan pengelolaan pasokan pangan yang efektif untuk menstabilkan harga-harga komoditas pangan. 

Sumber: