Bawaslu Seluma Gelar Sosialisasi dan Luncurkan Patroli Pengawasan Hak Pilih

Bawaslu Seluma Gelar Sosialisasi dan Luncurkan Patroli Pengawasan Hak Pilih

Bawaslu Seluma sosialisasi,--

 

 
Tais, Radarseluma.Disway.id, Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Seluma pada Minggu (7/7) pagi, sekitar Pukul 08.30 wib. Menggelar kegiatan sosialisasi pengawasan tahapan pemilihan dan Launching patroli pengawasan Kawal Hak Pilih. Serta peresmian gedung Sekretariat Bawaslu Kabupaten Seluma yang baru. Setelah mendapatkan pinjam pakai gedung yang sebelumnya digunakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah dari Pemerintah kabupaten (Pemkab) Seluma.
 
 
Kegiatan digelar di halaman gedung Sekretariat Bawaslu Kabupaten Seluma yang baru ditempati. Yakni terletak bersebelahan dengan Sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Seluma yang berada di Kelurahan Pasar Tais, Kecamatan Seluma Kota.
 
Dengan dihadiri oleh Wakil Bupati Seluma Drs Gustianto, Kajari Seluma Dr Eka Nugraha, SH MH, perwakilan Polres Seluma Ipda Sugeng, perwakilan Dandim 0425/ Seluma Pasi Intel Lettu Agus Harris, Kapolsek Tais, AKP Sukari, SE, anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu Natijo Elem, SIkom. Serta jajaran tenaga adhoc Panwaslih Kecamatan.
 
Disampaikan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Seluma Gandi Indah Jaya M.Sos dalam sambutannya dan sekaligus membuka acara, kegiatan sosialisasi dan peluncuran patroli pengawasan Kawal Hak Pilih ini bertujuan untuk, memastikan hak pilih pada masyarakat yang rentan. Karena masyarakat tersebut teridentifikasi tidak berdomisili sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP).
 
Selain itu, melalui peluncuran patroli pengawasan kawal hak pilih ini. Bawaslu Kabupaten Seluma juga ingin menjalin sinergitas dengan seluruh stakeholder. Terutama para instrumen penegak hukum, baik dari Kejaksaan maupun Polri. Di dalam menciptakan kondusifitas pada pelaksanaan Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada tanggal 27 November 2024 mendatang di Kabupaten Seluma.
 
"Melalui peluncuran patroli pengawasan kawal hak pilih dan sekaligus peresmian gedung Sekretariat Bawaslu yang baru ini. Kami ingin menjalin sinergitas dengan seluruh stakeholder untuk menciptakan kondusifitas Pilkada Seluma yang aman dan damai," sampai Gandi.
 
Tak hanya itu saja, kegiatan patroli pengawasan kawal hak pilih dilaksanakan sebagai wujud keseriusan jajaran Bawaslu Kabupaten Seluma. Dalam mengawal Tahapan Penyusunan Daftar Pemilih Pemilihan Tahun 2024. Serta mencegah terjadinya pelanggaran dan sengketa Pemilihan. 
 
Patroli pengawasan kawal hak pilih berlangsung selama masa tahapan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Seluma. Hingga tanggal 27 November 2024 mendatang.
 
"Fokus kami terhadap potensi kerawanan pelanggaran pada tahapan penyusunan daftar pemilih yaitu pemilih yang memenuhi syarat tapi tidak terdaftar dalam daftar pemilih. Pemilih tidak memenuhi syarat tapi masuk dalam daftar pemilih, ketidaksesuaian identitas dalam daftar pemilih. Serta ketidaksesuaian prosedur dalam penyusunan daftar pemilih. Jangan sampai terjadi Pemungutan Suara Ulang (PSU) lagi," tegasnya.
 
Bawaslu Seluma Kabupaten beserta beserta jajaran pengawas pemilu adhoc berkomitmen dalam mengawal hak pilih khususnya di wilayah Kabupaten Seluma. Bawaslu Kabupaten Seluma bersama dengan jajaran tenaga adhoc Panwaslih Kecamatan dan Pengawas Desa/Kelurahan (PKD) akan gencar melakukan sosialisasi pendidikan politik kepada masyarakat. Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengawal hak pilih setiap individu.

 

Sumber: