Jemaah Haji Seluma Mulai Tinggalkan Mina

Jemaah Haji Seluma Mulai Tinggalkan Mina

Jemaah Haji Mulai Meninggalkan Mina --

 

PEMATANG AUR, radarseluma.disway.id - Semua jemaah haji asal Kabupaten Seluma, Kaur, dan Kepahiang sudah selesai melaksanakan rangkaian puncak ibadah haji di wilayah Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna). jemaah haji sudah mulai meninggalkan Mina untuk menuju ke hotel di Makkah. Seluruh jemaah dan petugas kloter 4 embarkasi Padang atau Kloter 2 Bengkulu saat ini dalam keadaan sehat. 

 

"Kami sudah melaksanakan puncak ibadah di Armuzna. Hari ini (kemarin) kami mulai meninggalkan Mina untuk menuju ke hotel di Makkah. Saat ini kami sedang antre masuk ke bus. Seluruh jemaah alhamdulilah dalam keadaan sehat," kata Ketua Kloter Bujang Ruslan, S.Pd yang juga merupakan Kasi Haji Kemenag Kaur saat dihubungi Radar Seluma, kemarin (18/6).

 

Diakui oleh Bujang, proses pergerakan dari jemaah haji dari Mina ke Mekkah akan lebih lambat. Hal ini karena padatnya lalu lintas yang disebabkan penumpukan jemaah haji dunia. Dan terjadi kemacetan di sejumlah titik jalan. Kemudian polisi lalu lintas negara setempat juga memberlakukan tutup buka arus jalan. "Jarak tempuhnya sekitar 22 menitan. Tetapi diperkirakan nanti bisa lebih lama karena memang terjadi antrean," sambungnya.

BACA JUGA: Hari Ini, 3 Terdakwa Belanja Operasional Sekretariat DPRD Seluma Sidang Tuntutan

BACA JUGA: Polres Kurban 3 Ekor Sapi, Siapkan 420 Kupon Daging

Setelah menyelesaikan Mabit di Mina, nantinya calon jamaah haji kembali ke Masjidil Haram di Mekkah untuk melaksanakan Thawaf Wada. Thawaf wada’ adalah thawaf yang dilakukan setelah melakukan seluruh manasik ketika akan meninggalkan kota Makkah. Atau sering dikenal dengan thawaf perpisahan. Setelah melaksanakan ibadah di Makkah selanjutnya jemaah akan kembali ke. Madinah untuk menunggu jadwal pulang ke tanah air. 

 

Jemaah haji asal Kabupaten Seluma sendiri dijadwalkan tiba di Seluma pada tanggal 27 Juni mendatang.(adt)

 

Sumber: