Membangun Komunikasi Terbuka, Pencegahan Kekerasan Pada Anak-Anak

Membangun Komunikasi Terbuka, Pencegahan Kekerasan Pada Anak-Anak

Bupati Gusnan Mulyadi SE.MM Saat Bincang-Bincang Bersama Anak -Anak--

BENGKULU SELATAN, radarseluma.disway.id - Salah satu masalah sosial yang saat ini masih banyak terjadi di masyarakat, termasuk di kalangan anak-anak. Kurangnya pemahaman dan kesadaran akan pentingnya pencegahan kekerasan. Oleh karena itu, untuk membentuk komunikasi terbuka dengan anak-anak sebagai upaya pencegahan kekerasan yang efektif melalui pendekatan.

 

Bupati Gusnan Mulyadi,SE.MM menuturkan dalam membangun komunikasi terbuka dengan anak-anak sangat penting dalam pencegahan kekerasan serta cara-cara yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan dalam pencegahan kekerasan. Dengan adanya komunikasi terbuka, anak-anak akan lebih mudah untuk mengungkapkan perasaan dan masalah yang mereka alami.

 

"Mengurangi risiko kekerasan anak-anak akan lebih mampu mengidentifikasi tanda-tanda kekerasan dan melaporkannya kepada orang dewasa yang dipercayanya. Hal ini akan membantu mengurangi risiko kekerasan yang mungkin mereka alami dalam lingkungan sekolah, masyarakat, atau bahkan di dalam rumah,"ujar Gusnan.

 

Diakui Gusnan, komunikasi terbuka dengan anak-anak dapat memperkuat kepercayaan diri, anak-anak akan lebih percaya pada kemampuan untuk menghadapi masalah dan mengambil keputusan yang tepat dalam situasi yang sulit. Maka komunikasi terbuka dapat membantu membentuk pola pikir yang sehat pada anak-anak.

BACA JUGA:Install Segera Higgs Domino Global v2.33! Nikmati Game Terbaru

BACA JUGA: Tingkatkan Pemahaman Keselamatan Berkendara Lewat Cara Asyik

Ia sangat berharap betul orang tua, guru, orang dewasa selalu membangun komunikasi terbuka dengan anak-anak dengan mendengarkan mereka dengan empati. Ketika anak-anak berbicara tentang perasaan mereka atau mengungkapkan masalah yang dihadapi, jadikan waktu untuk benar-benar mendengarkan mereka dengan penuh perhatian. Tunjukkan empati dan pengertian terhadap apa yang mereka alami, tanpa menghakimi atau menjatuhkan penilaian.

 

"Sebagai orang dewasa harus menjaga kesabaran dan keterbukaan dalam berkomunikasi dengan anak-anak. Sebab penting dalam membangun komunikasi,"ucap Gusnan.

 

Menurut Gusnan, komunikasi terbuka dengan anak-anak dapat mencegah tindakan kekerasan. Dengan adanya komunikasi yang baik, anak-anak akan merasa nyaman untuk berbagi masalah yang mereka hadapi dan mengidentifikasi tanda-tanda kekerasan yang mungkin terjadi.

Sumber: