Perjuangan Produsen Tahu Asal Seluma, Disaat Kedelai Mahal

Perjuangan Produsen Tahu Asal Seluma, Disaat Kedelai Mahal

Ishak produsen tahu asal Tenangan Seluma.--

 

 

radarseluma.disway.id,TENANGAN - Pengusaha Tahu Desa Tenangan Kecamatan Seluma Timur mengeluhkan harga kacang kedelai mahal, per karungnya saat ini Rp 600 ribu per kg. Produsen Tahu asal Desa Tenangan Ishak menyebut, dirinya mematok harga jual sebesar Rp 1000 untuk 4 potong Tahu kalau konsumen membeli kerumah.

 

Sampainya, ia tidak bisa mengurangi ukuran tahu meski harga kedelai tinggi dan tidak bisa asal menaikkan harga tahu karena kuatir tidak laku dan justru merugi.

 

“Dengan harga kedelai semahal itu, tentu tipis untungnya, walau demikian kami tidak bisa berhenti karena kami memilih bertahan untung menyambung hidup dari hasil berjualan tahu,” jelasnya.

 

Harga kedelai membuat perajin tahu merugi. Menurutnya margin keuntungan dengan harga bahan baku yang mahal seperti saat ini hanya cukup untuk menutup biaya produksi.

 

"Saya sangat merasakan sekali. Jadi untuk istilahnya sekarang ini kita hanya bertahan untuk bisa produksi dan sepertinya kita tetap istilahnya lambat karena belum dapat untung. Dengan harga sekarang cuma bisa buat bayar kedelai dan operasionalnya aja," ujarnya.

 

Ditambahkannya, langkah untuk mengurangi ukuran tahu tidak dilakukan karena pasti berdampak pada turunnya penjualan tahu. Ishak menyebut pasti konsumen akan mengeluh kalau mengurangi ukuran tahu.

 

Sumber: