Kisah Nabi Luth Menghadapi Kaum Sodom

Kisah Nabi Luth Menghadapi Kaum Sodom

Kajian Islam. Kisah nabi Luth AS diutus untuk kaum sodom--

Kajian Islam. Radar Seluma. Disway.id - Nabi Luth AS masih merupakan garis keturunan dari Nabi Ibrahim AS 
Nabi Luth yang ternyata dirawat dengan baik oleh Nabi Ibrahim AS sejak masih kecil.
Nabi Luth AS di hadapkan pada kehidupan di mana saat itu dengan penguasa yang suka korupsi serta umat nya yang saling menyukai dan mencintai sesama jenis.
 
Dalam perjalanan hidupnya, Nabi Luth AS selalu membantu Nabi Ibrahim AS yang juga merupakan paman dari beliau, sehingga beliau dapat mengerti bagaimana menjadi seorang pendakwah bahkan Nabi Luth AS sering menemani Nabi Ibrahim AS dalam berdakwah bahkan hingga sampai ke Palestina 
 
Suatu ketika di perjalanan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Luth mendapatkan Wahyu dari Allah SWT, bahwa Nabi Luth AS akan menjadi seorang Nabi selanjutnya, untuk memberi peringatan kepada kaum sodom.
 
 
Nabi Luth adalah Nabi dari utusan Allah yang mulia dan mendapatkan tugas untuk menyerukan kebenaran
kepada Kaum sodom, yang merupakan kaum dengan sifat menyukai sesama jenis, atau nama lainnya sekarang adalah homoseksual, tentu hal itu membuat murka Allah SWT.
 
Nabi Luth AS terus berdakwah namun rasanya sia-sia, melihat tersebut, Allah SWT melaknat kaum tersebut, membuat mereka mati, tanpa sisa, bahkan jejak dari mereka pun tidak ada.
 
Sungguh, benar-benar pedih azab yang Allah SWT berikan kepada mereka, bahkan melebihi dari hal tersebut.
 
Dalam Al-Qur’an sendiri, Allah menyebut Nabi Luth AS cukup banyak. 
Yang mana hal tersebut berkaitan dengan perlakuan daripada kaum sodom kepada beliau.
 
Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an, Surat Al-An Ankabuut ayat 29 berbunyi:
 
اَىِٕنَّكُمْ لَتَأْتُوْنَ الرِّجَالَ وَتَقْطَعُوْنَ السَّبِيْلَ ەۙ وَتَأْتُوْنَ فِيْ نَادِيْكُمُ الْمُنْكَرَ ۗفَمَا كَانَ جَوَابَ قَوْمِهٖٓ اِلَّآ اَنْ قَالُوا ائْتِنَا بِعَذَابِ اللّٰهِ اِنْ كُنْتَ مِنَ الصّٰدِقِيْنَ ٢٩
Artinya:
"Pantaskah kamu mendatangi laki-laki (untuk melampiaskan syahwat), menyamun, dan mengerjakan kemungkaran di tempat-tempat pertemuan mu?” Maka, jawaban kaumnya tidak lain hanyalah mengatakan, “Datangkan lah kepada kami azab Allah jika engkau termasuk orang-orang benar!” (QS Al-Ankabut 29)
 
 
Dalam Surat lain Allah berfirman dalam Al-Qalam Surat Al-A'raf ayat 80 berbunyi: 
 
وَلُوْطًا اِذْ قَالَ لِقَوْمِهٖٓ اَتَأْتُوْنَ الْفَاحِشَةَ مَا سَبَقَكُمْ بِهَا مِنْ اَحَدٍ مِّنَ الْعٰلَمِيْنَ 
Artinya: 
"Dan kami (telah mengutus) Luth (kepada kaumnya). Ingatlah, tatkala ia berkata kepada mereka ‘mengapa kamu mengerjakan hal keji seperti itu, yang belum pernah dikerjakan oleh seorang pun (di dunia ini) sebelum kamu?" (Qs Al-A’raf 80)
 
Nabi Luth AS terus berdakwah mengajak kaum nya untuk bertaubat namun kaum nya justru tidak mau ngikuti sehingga menjadikan Allah SWT murka. 
Allah SWT pun akhirnya memerintahkan Nabi Luth AS untuk membawa keluarga serta para pengikutnya untuk hijrah dari kawasan kaum sodom, demi keselamatan pengikut yang telah beriman atas kenabian Nabi Luth AS dan mengakui Bahwa Allah SWT adalah tuhan yang patut di sembah.
 
Sehingga setelah Nabi Luth AS beserta pengikutnya Allah SWT melimpahkan azabnya kepada kaum Sodom dengan menurunkan hujan batu yang bertubi-tubi, hingga membuat siapa saja yang ada pada tempat tersebut, tidak hanya hujan batu pada siang hari Allah SWT turunkan petir yang begitu menggelegar, menyambar semua kaum sodom yang ada di tempat sehingga pada waktu itu, kaum sodom benar-benar hancur, benar-benar Allah binasakan. 
Bahkan jejak dari pada mereka pun ikut melebur di telan bumi tanpa bekas akibat dari azab yang Allah SWT berikan kepada mereka.
 
 
Kisah di binasakan nya Kaum Sodom Allah SWT gambarkan dalam Al-Qur'an sebagaimana terdapat dalam Surat Hud ayat 81 berbunyi: 
 
قَالُوا يَا لُوطُ إِنَّا رُسُلُ رَبِّكَ لَنْ يَصِلُوا إِلَيْكَ ۖ فَأَسْرِ بِأَهْلِكَ بِقِطْعٍ مِنَ اللَّيْلِ وَلَا يَلْتَفِتْ مِنْكُمْ أَحَدٌ إِلَّا امْرَأَتَكَ ۖ إِنَّهُ مُصِيبُهَا مَا أَصَابَهُمْ ۚ إِنَّ مَوْعِدَهُمُ الصُّبْحُ ۚ أَلَيْسَ الصُّبْحُ بِقَرِيبٍ
Artinya: 
"Mereka (para malaikat) berkata, “Wahai Luth! Sesungguhnya kami adalah para utusan Tuhanmu, mereka tidak akan dapat mengganggu kamu, sebab itu pergilah beserta keluargamu pada akhir malam dan jangan ada seorang pun di antara kamu yang menoleh ke belakang, kecuali istrimu. Sesungguhnya dia (juga) akan ditimpa (siksaan) yang menimpa mereka. Sesungguhnya saat terjadinya siksaan bagi mereka itu pada waktu subuh. Bukankah subuh itu sudah dekat?” (QS Hud 81).
 
Dan dalam Surat lain Allah jelaskan yaitu dalam Surat Asy Syura ayat 173 -174 Allah SWT berfirman yang berbunyi: 
 
وَأَمْطَرْنَا عَلَيْهِمْ مَطَرًا ۖ فَسَاءَ مَطَرُ الْمُنْذَرِينَ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَةً ۖ وَمَا كَانَ أَكْثَرُهُمْ مُؤْمِنِينَ "
Artinya: 
"Dan Kami hujani mereka (dengan hujan batu), maka betapa buruk hujan yang menimpa orang-orang yang telah diberi peringatan itu. 
Sungguh, pada yang demikian itu terdapat tanda (kekuasaan Allah), tetapi kebanyakan mereka tidak beriman." (QS Asy Syuara ayat 173-174)
 
 
Demikian Kisah singkat Nabi Luth AS yang di hadapkan kepada kaum nya yang menyukai sesama jenis hingga Allah binasakan dengan azab yang sangat pedih berupa hujan batu dan petir menyambar di siang hari yang menggelegar dan membinasakan kaum Sodom tanpa sisa bahkan tanpa bekas di telan bumi. (djl) 

Sumber: