PDIP Isi Posisi Terbanyak di DPR, Demokrat Hilang 10 Kursi

 PDIP Isi Posisi Terbanyak di DPR, Demokrat Hilang 10 Kursi

Parlemen RI--

 

Jakarta, Radarseluma.Disway.Id,  - Analisis Kepala Departemen Politik dan Perubahan Sosial Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Arya Fernandes,  memproyeksikan jika PDI Perjuangan masih menjadi partai yang memperoleh kursi terbanyak di parlemen.

 

BACA JUGA:Hati-Hati Dengan 5 Weton Paling Keramat Ini, Mereka Punya Kekuatan Spiritual yang Kuat

BACA JUGA: Bupati Bengkulu Selatan Pastikan Program Buji'an Dusun Berlanjut

 

Hal tersebut disampaikan Arya dalam acara "Peluncuran Dashboard 'Parlemen Kita' & Talkshow Anggota Legislatif Muda Terpilih", Hotel Mulia Senayan, Rabu (24/4/2024). Estimasi yang disampaikan CSIS didasarkan pada empat pertimbangan seperti dilansir dari detik.com.

 

"Pada tahap pertama, kami merujuk Surat Keputusan KPU tentang Hasil Pemilu DPR terutama partai-partai yang lolos ambang batas parlemen 4 persen," kata Fernandes dalam pemaparannya.

 

 

Metode kedua yakni menghitung jumlah kursi yang didapatkan partai politik pada setiap daerah pemilihan berdasarkan alokasi kursi yang tersedia menggunakan metode Sainte Lague. Hal ini dikatakan sudah diatur dalam UU 7/2017 tentang Pemilu.

 

"Pada tahap ketiga, setelah mengetahui partai yang mendapatkan kursi pada setiap daerah pemilihan, kami lalu melihat caleg yang mendapatkan suara terbanyak pada setiap partai yang mendapatkan kursi di Dapil tersebut," katanya.

Sumber: