Bersama Tokoh Masyarakat, Bupati Seluma Erwin Octavian, SE Akan Patenkan Pakaian Adat Seluma

Bersama Tokoh Masyarakat, Bupati Seluma Erwin Octavian, SE Akan Patenkan Pakaian Adat Seluma

Dengan dilatar belakangi beraneka ragamnya motif, bentuk, asesoris, warna baju adat yang di pakai yang disetiap acara adat dan acara pernikahan--

 

AMPAR GADING - Kabupaten Seluma memiliki keaneka ragaman adat dan istiadat, dengan keaneka ragaman adat dan budaya yang ada di Kabupaten Seluma, Saat ini pemda Seluma bersama seluruh tokoh masyarakat dan tokoh adat di setiap Desa dan kelurahan untuk patenkan pakaian adat Seluma

 

Dengan dilatar belakangi beraneka ragamnya motif, bentuk, asesoris, warna baju adat yang di pakai yang disetiap acara adat dan acara pernikahan. Hal tersebut tentunya akan menjadi salah satu identitas dan jati diri masyarakat Kabupaten Seluma yang perlu untuk di pertahanan. 

Bupati Seluma Erwin Octavian mengatakan, pelestarian adat dan budaya tersebut merupakan keinginan kuat Pemerintah Daerah yang dicantumkan ke dalam program unggulan Daerah yaitu Seluma Beragama dan Berbudaya. 

BACA JUGA:Prestasi, Kabupaten Seluma Raih Penghargaan ke Dua Penyelenggaran Satu Data Indonesia, se Provinsi Bengkulu

BACA JUGA:Bupati Erwin Gelar Halal Bi Halal Dengan Tokoh Masyarakat

 

 

 

"Ini adalah mimpi yang ingin saya wujudkan, terkait pakaian adat, seni gerak tari dan pencak silat, yang tentunya ini selaras program kita Seluma berbudaya, " Sampai Erwin saat mengelar Halalbihal dengan Tokoh Adat dan BMA Seluma di Balai adat Serasan seijoan, "Senin (22/4/2024). 

 

Dijelaskan, berdasarkan penelusuran beberapa tokoh adat, pakaian adat yang digunakan oleh para pemimpin suatu desa atau kampung dan pemuka adat pada saat dahulu, pada dasarnya hampir memiliki kesamaan di setiap wilayahnya di Seluma. Dengan warna dan motif yang ada di pakaian adat seperti motif hewan dan tumbuhan. 

Sumber: