BPBD BS Imbau Warga Waspada Banjir dan Longsor

BPBD BS Imbau Warga Waspada Banjir dan Longsor

Petugas BPBD BS Saat Pantau Rawan Longsor di jalan lintas Manna-Pagar Alam di desa Bandar Ragung--

 

BENGKULU SELATAN, Radar Seluma.disway.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bengkulu Selatan (BS) mengimbau masyarakat untuk hati-hati dan waspada terhadap banjir dan longsor. Pasalnya cuaca masih dalam keadaan kurang baik-baik aja dikarenakan kurang menentu dalam beberapa waktu terakhir ini, bahkan masih berpotensi longsor.

 

"Hujan dengan intensitas tinggi sangat berdampak pada meningkatnya debit air sungai dan longsor,"ungkap Hen Yevi kepala BPBD BS.

 

Menurut Hen Yevi, potensi bencana selain bencana longsor dan banjir di BS juga dapat disebabkan oleh pohon tumbang. Bila tidak diwaspadai bisa menelan korban.

BACA JUGA:Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat 2024 Mulai, Kapolres BS Minta Kedepankan Humanis

BACA JUGA:Pengaduan THR Disnaker BS Buka Posko

"Secara khusus kejadian longsor tidak bisa ditahan apalagi diprediksi. Namun, dengan beragam upaya yang telah dilakukan. Harapan dampak negatif dari kejadian longsor bisa diminimalisir,"gumam Hen Yevi.

 

Untuk menghindari dari tanah longsor wajib mengetahui cara dan upaya yang harus dilakukan mencegah terjadinya tanah longsor setidaknya dengan melakukan upaya preventif sejak dini yaitu tidak menebang pohon di pinggir lereng, tidak mendirikan bangunan dipinggir lereng.

BACA JUGA:Darurat, DBD di Seluma Sudah Capai 161 Kasus

BACA JUGA:Bupati Gusnan Temui Pasien di UGD, Mengidap Penyakit Demam

"Seluruh masyarakat kabupaten Bengkulu Selatan agar selalu berhati-hati dikarenakan cuaca saat ini masih extrim, dan diperkirakan akan terjadi kembali longsor susulan di batu betajuk dan desa Kayu Ajaran, kecamatan Ulu Manna, kabupaten Bengkulu Selatan paca longsor terjadi kemarin (2/3/2024) di karenakan cuaca arah Ulu Manna masih mendung dan berawan,"pungkas Hen Yevi.(yes)

Sumber: