Puskesmas dan RSUD di Seluma Tetap Buka Saat Cuti Lebaran

Puskesmas dan RSUD di Seluma Tetap Buka Saat Cuti Lebaran

Sekda Seluma Katakan Bahwa RSUD dan Puskesmas Tetap Buka Saat Cuti Lebaran--

 

PEMATANG AUR, Radar Seluma.disway.id - Sekretaris Daerah (Sekda) Seluma H Hadianto mengatakan fasilitas kesehatan (faskes) bakal siaga penuh selama libur lebaran 2024. Penyiagaan ini dilakukan mengantisipasi persoalan kesehatan pemudik termasuk warga Seluma. "Selama cuti bersama hari raya Idul Fitri fasilitas layanan kesehatan akan terus buka dan agar meningkatkan kesiapsiagaan  pelayanan," kata Hadianto, kemarin (1/4).

 

Dia mengatakan salah satu yang disiagakan yakni RSUD dan juga Puskesmas yang bisa rawat inap tetap buka 24 jam. Sekda mengharapkan Puskesmas siap sedia memberikan pertolongan pertama pada penyakit dan kecelakaan termasuk ambulans serta pengemudi yang siaga 24 jam. 

BACA JUGA:Harga Ayam di BS Tembus Rp 50 Ribu/Kg dan Akan Terus Mengalami Kenaikan Hingga Lebaran

BACA JUGA:Kejaksaan Agung Sita Rolls Royce Sandra Dewi, Hadiah Suaminya Harvey Moeis

Ia mengatakan upaya itu juga dilakukan sebagai antisipasi kedaruratan kelahiran selama cuti bersama. 

 

"Sedangkan untuk fasilitas kesehatan lainnya seperti klinik, tempat praktik mandiri dokter (TPMD) dan dokter gigi akan dilakukan pengaturan waktu layanan sesuai dengan kebijakan di tempat masing-masing," katanya.

 

Kemudian untuk penyakit yang sering terjadi ketika Ramadhan dan Idul Fitri yang perlu diwaspadai oleh masyarakat, adalah hipertensi, ispa, dan dispesia sehingga hal ini juga perlu menjadi bahan untuk antisipasi. 

BACA JUGA:Ketua DPRD Seluma Punya Kans Maju Sebagai Bupati Seluma

BACA JUGA:Wow, Malaysia Berani Gratiskan Tarif Tol Saat Idul Fitri! Indonesia Kaish Diskon

Sementara untuk kasus demam berdarah dengue (DBD), memang mengalami peningkatan di Seluma, sehingga Puskesmas yang ada di Seluma diminta untuk bersiaga.  Kemudian ketika mengakses fasilitas kesehatan menggunakan BPJS Kesehatan pastikan menggunakan layanan online, sehingga nanti waktu tunggu dan waktu ketersediaan tempat  itu juga bisa didapatkan.(adt) 

Sumber: