115 Rumah dan 3 Masjid di BS Rusak Terdampak Gempa

115 Rumah dan 3 Masjid di BS Rusak Terdampak Gempa

Bangunan Rumah di BS Hancur Akibat Gempa--

 

BENGKULU SELATAN, Radar Seluma,disway,id - Kepala BPBD Bengkulu Selatan, Hen Yevi menuturkan, bahwa pasca gempa terjadi pada Sabtu (23/2/2024) sekitar pukul 20.20 Wib, dimana terjadi bencana gempa Bumi  berpusat di laut 30 KM Barat Daya Bengkulu Selatan menyebabkan beberapa kerusakan rumah dan fasilitas ibadah di beberapa wilayah di Bengkulu Selatan. gempa yang terjadi bekekuatan 5,6 MG tidak berpotensi tsunami menekankan agar warga untuk waspada. 

 

"Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi memiliki parameter update dengan magnitudo M5,3. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 4,7° LS ; 102,67° BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 37 Km arah Barat Daya Kota Manna, Bengkulu pada kedalaman 60 km,"ungkap Hen Yevi.

 

Episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik.

BACA JUGA:Transparansi Pemerintah Daerah BS, Terapkan E-Government

BACA JUGA:Wujudkan MPP, Bupati Seluma Teken MoU dengan Instansi Vertikal

"Dampak dari Gempa Bumi terjadi kerusakan sebanyak 115 rumah warga dan 3 masjid/rumah Ibadah yang tersebar di kecamatan Ulu Manna dan kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan,"ungkap Hen Yevi.

 

Ia menambahkan masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

BACA JUGA: Puluhan Hektar Padi di Seluma Siap Panen, Hasil Menurun Diserang Hama Wereng

BACA JUGA:Yamaha Terbaru di Bengkulu All New Nmax Kredit DP 4 Juta, Cicilan Ringan, Harga Cashback Rp 33 Jutaan!

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,"pungkas Hen Yevi.(yes)

Sumber: