Salah Penanganan Sampah, Berdampak Bagi Lingkungan

Salah Penanganan Sampah, Berdampak Bagi Lingkungan

Haroni SP.MM Kepala DLHK BS--

 

 

BENGKULU SELATAN, Radar Seluma,disway,id - Persoalan sampah hampir dialami oleh setiap daerah. Hal ini dipicu bertambahnya jumlah penduduk, sehingga sampah rumah tangga yang dihasilkan terus meningkat. Pembuangan sampah jika tidak dikelola dengan baik dan benar akan menimbulkan dampak lingkungan yang besar. Sehingga bisa menyebabkan bencana.

 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Bengkulu Selatan, Haroni SP.MM menyebut mengatasi persoalan sampah tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah saja. Tetapi harus dilakukan gerakan atau kepedulian oleh semua pihak secara bersama-sama.

 

"Buruk danpak sampah sangat luas dan berantai. Misalnya membuang sampah ke sungai, bisa menyebabkan sungai tercemar bahkan  pendangkalan,"ucap Haroni.

BACA JUGA: Kodim 0408/BS-K Rehap Rumah Tidak Layak Huni

BACA JUGA:Kepala Puskesmas di Seluma Diganti, Beredar Spanduk Ucapan Turut Bahagia

Sampah dibuang sembarangan bisa menyebabkan pencemaran udara, air dan tanah. Terutama sampah plastik. Plastik yang terpapar sinar matahari menghasilkan C02 yaitu karbondioksida dan berdampak pada perubahan iklim. Plastik yang didarat akan menjadi tempat bersarangnya nyamuk penyebab penyakit demam berdarah dengue (DBD). 

 

"Untuk menjaga kebersihan lingkungan. Kami minta pemerintah desa dan kelurahan terlibat mengedukasi masyarakat dalam pengelolaan sampah, karena sampah yang dikumpulkan dan dikelola secara baik akan bernilai ekonomi,"tegas Haroni.

 

Dikatakan Haroni, masyarakat agar membuang sampah di tempat penampungan. Tujuannya agar petugas kebersihan bisa dengan mudah mengumpulkannya untuk diangkut ke Tempat pembuangan Akhir (TPA) sampah yang ada di Kecamatan Manna. 

Sumber: