Takjil Tak Sehat, Dinkes BS Ingatkan Pembeli Agar Waspada

Takjil Tak Sehat, Dinkes BS Ingatkan Pembeli Agar Waspada

Pedagang Takjil --

 

 

BENGKULU SELATAN, Radar Seluma,disway,id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Bengkulu Selatan (BS) mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai takjil yang tidak sehat. Sebab, pada Bulan Suci Ramadan seperti saat ini banyak sekali ditemukan pedagang takjil musiman yang menjajakan dagangannya untuk melepas haus dan lapar saat menjalankan ibadah puasa. 

 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bengkulu Selatan (BS), Didi Ruslan M.Si telah memberikan imbauan kepada seluruh Puskesmas yang ada untuk mengingatkan para pedagang takjil untuk tidak menggunakan bahan yang berbahaya. Sebab, hal tersebut sebagai upaya menjaga kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat yang menjalankan ibadah puasa saat mengkonsumsi takjil, makanan ringan dan semua makanan yang dijual saat Bulan Suci Ramadan. 

 

"Imbauan ini sebagai tegoran dan tidak diindahkan dan ditemukan takjil mengandung bahan berbahaya maka diberikan tindakan tegas, karena telah melanggar hukum,"ungkap Didi Ruslan.

 

Ia menambahkan pihak Dinkes BS bersama BPOM akan melakukan pengecekan langsung pada jajanan takjil yang jual para pedagang. Hal tersebut untuk memastikan bahwa tidak ada takjil yang mengandung bahan berbahaya di BS. 

BACA JUGA:Cegah Penyebaran Penyakit DBD, Ini Imbauan Sekda BS

BACA JUGA:Tindak lanjuti Investor China, Sekda BS Kumpulkan Kepala OPD

"Sesuai surat yang telah dari Balai POM akan melakukan pengecekan takjil yang dijual disetiap kecamatan dengan uji lab, untuk memastikan semuanya aman untuk dikonsumsi,"kata Didi Ruslan.

 

Selain itu, juga menjelaskan beberapa bahan berbahaya yang dihindari untuk dicampurkan pada makanan, yaitu pewarna tekstil dan borak. Sebab, tiga baha tersebut digunakan selain untuk memperindah bentuk makanan juga untuk mengawetkan makanan yang tidak habis terjual. 

Sumber: