Bupati BS Minta Warga Memanfaatkan Pekarangan Rumah

Bupati BS Minta Warga Memanfaatkan Pekarangan Rumah

Bupati BS, Gusnan Mulyadi,SE.MM Ajak Masyarakat Manfaatkan Halaman Pekarangan Rumah--

 

 

BENGKULU SELATAN, Radar Seluma,disway,id - Halaman belakang rumah atau pekarangan rumah  diterlantarkan dapat menyebabkan banyak tumbuh tanaman liar atau ilalang yang dapat merusak pemandangan. Sebenarnya, banyak ide yang dapat dioptimalkan lahan kosong di depan dan belakang rumah dengan menanam sayur dan buah-buahan.

 

Bupati BS Gusnan Mulyadi,SE.MM menyebut ide-ide pemanfaatan lahan kosong depan rumah atau belakang hunian yang perlu diperhatikan minimal berjarak 2 meter dari dinding batas tanah dan saluran pembuangan air ketika terjadi hujan.

 

"Harus diperhatikan dalam pemanfaatan tanam sayur di belakang dan depan hunian tidak kalah pentingnya adalah perencanaan drainase atau saluran pembuangan air agar tidak ada genangan air ketika hujan,"ungkap Gusnan Mulyadi.

 

Untuk penggunaan lahan pekarangan belakang hunian sebagai taman hijau, mengingatkan untuk perhatikan pemilihan jenis tanaman yang ditanam.

BACA JUGA:62 Pejabat Eselon IV dan III di Seluma Dilantik

BACA JUGA:Intip Spesifikasi Motor Honda Skutik Baru, Tak Pakai Rangka eSAF! Segera Diluncurkan Harga Terjangkau!

"Pemanfaatan lahan depan atau belakang rumah sudah tidak asing lagi disampaikan kepada masyarakat, guna membantu pengurangan pengeluaran, karena tanaman sayur yang ditanam di pekarangan rumah dapat bernilai ekonomi, terlebih di bulan puasa ini,"kata Gusnan.

 

Menurut Gusnan tanaman yang bisa ditanam di halam rumah kosong seperti Tomat, Cabai Bawang, Sawi, Bayam, Timun, Kangkung, Seledri dan lain-lainnya sangat pas bila dibudidayakan.

Sumber: