NACC Thailand Gaungkan Perangi Korupsi, Saksi dan Pelapor Dilindungi

 NACC Thailand Gaungkan Perangi Korupsi, Saksi dan Pelapor Dilindungi

NACC Thailand--

 

 

 

BANGKOK, THAILAND, Radar Seluma.Disway.id, - Kantor Komisi Nasional Anti-Korupsi (NACC), THAILAND mendorong penduduk setempat dan orang asing untuk berpartisipasi dalam mengatasi masalah korupsi, memastikan adanya undang-undang khusus untuk melindungi saksi dan pelapor (whistleblower) untuk membantu pejabat mendeteksi kasus korupsi.

 

BACA JUGA:Penampilan Toyota Fortuner GR Sport 2024, Mobil SUV Handal Mewah Suspensi Baru Mesin Diesel Bertenaga Tinggi!

BACA JUGA:Pameran Perdagangan Internasional Vietnam ke-33 - VIETNAM EXPO 2024

 

Konstitusi Kerajaan Thailand Pasal 63 BE2560 (2017) menekankan pentingnya pencegahan dan pemberantasan korupsi dengan memusatkan perhatian pada partisipasi masyarakat dalam memerangi atau menunjukkan tanda-tanda korupsi, dan negara harus mengambil langkah-langkah untuk melindungi masyarakat. yang melaporkan korupsi. Sementara itu, Undang-Undang Organik tentang Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi BE 2561 (2018), Pasal 131 dan Pasal 133 memberdayakan NACC untuk memberikan perlindungan keselamatan kepada penuduh, korban, pemohon, pelapor, saksi, pelapor yang memberikan pernyataan atau melaporkan petunjuk atau informasi apa pun. tentang korupsi. Undang-undang ini juga melindungi pelaksanaan tugas pejabat pemerintah yang memberikan pernyataan atau pelaporan pelanggaran kepada NACC.

 

“Pencegahan dan pemberantasan korupsi memerlukan kerja sama semua sektor, baik lembaga pemerintah, organisasi swasta, maupun masyarakat sipil, untuk menyadari seriusnya ancaman yang muncul dan menyadari pentingnya masalah korupsi. Saksi atau orang yang dirugikan oleh kasus korupsi atau pelapor takut untuk mengadu atau memberikan informasi terlepas dari korupsi dan penyuapan. Hal ini akan menimbulkan kesulitan dalam memberantas korupsi dan membawa pelakunya ke pengadilan. Oleh karena itu, Konstitusi Kerajaan Thailand, oleh karena itu, menempatkan pentingnya pencegahan dan pemberantasan korupsi dan penyuapan. korupsi dengan memusatkan perhatian pada partisipasi masyarakat dalam memerangi atau menunjukkan petunjuk korupsi, dan negara harus memberikan langkah-langkah untuk melindungi orang-orang yang melaporkan korupsi,” jelas NACC.

 

BACA JUGA:Ongol-Ongol Sagu Aren Hidangan Klasik Berbuka Puasa yang Nikmat dan Lezat

 

Sumber: