Baru Satu Mantan Kades di Seluma Berpeluang Menuju DPRD Seluma

Baru Satu Mantan Kades di Seluma Berpeluang Menuju DPRD Seluma

Kantor KPU Seluma--

 

PEMATANG AUR, Radar Seluma,disway,id - Seperti yang dikabarkan sebelumnya bahwa saat tahapan pencalonan diri sebagai legislatif terjadi fenomena Kepala Desa aktif yang mengundurkan diri untuk bersaing merebut kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Tidak main-main mereka ini secara resmi sudah mundur dari jabatan Kades padahal baru saja dilantik atau sisa masa jabatannya masih cukup lama. Terdapat enam Kades aktif yang mendaftar maju pada Pilleg 2024. Yakni Kades Dusun Tengah, Sakaian dan Kades Lubuk Terentang di Kecamatan Lubuk Sandi. Lalu Kades Padang Pelawi, Cahaya Negeri, Kecamatan Sukaraja, Kades Padang Batu Kecamatan Ilir Talo dan Kades Petai Kayu Kecamatan Semidang Alas.

 

Namun hasil hitung sementara real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) Seluma hanya ada satu orang mantan Kades yang dipastikan mendapatkan kursi di DPRD Seluma yaitu Dodi Hariyadi dari partai PAN, mantan Kades Sungai Petai. Sungguh di luar ekspektasi, terlebih lagi mereka ini pernah diberi amanat oleh masyarakat untuk menjadi Kades. Bahkan suara sementara yang diperoleh saat ini masih terpaut jauh dengan suara yang mereka peroleh dalam Pemilihan Kepala Desa.

 

Berdasarkan peraturan terkait tentang desa dalam undang undang nomor 6 tahun 2014. Kalau mencalonkan diri sebagai kepala desa tidak boleh berafiliasi dengan partai politik dan ketika terpilih menjadi kepala desa tidak boleh menjadi pengurus partai politik. Selanjutnya terkait  pencalegan itu diatur dalam PKPU. Dan Kades aktif harus mengundurkan diri dari jabatannya. Kades merupakan perangkat negara yang berada di tingkat desa yang tidak seharusnya ikut andil menjadi caleg dan sebagainya, kecuali mengundurkan diri.

BACA JUGA:Bulan Puasa Jam Belajar Sekolah di Seluma Dikurangi

BACA JUGA:Cara Tepat Pengajuan Pinjaman KUR Mandiri Harus Tahu ini! Daftar Online Kunjungin Situs Bankmandiri.co.id!

BACA JUGA:All New Fortuner GR Sport SUV Terbaru dari Perusahaan Toyota Siap Diluncurkan di Dealer Toyata di Indonesia

Kemudian menariknya lagi di Kecamatan Lubuk Sandi atau Dapil 4 mantan Kades tergabung di dalam satu partai yaitu Hanura. Untuk hasil hitung sementara belum ada yang memperoleh suara di atas 500 di Dapil 4. Namun ini masih sementara karena KPU belum mengumumkan atau menyampaikan hasil hitung terakhir.(adt)

Berikut peroleh suara sementara mantan Kades di Seluma

Nuzirwan Miril Gerindra 73

Ridi Kismantoro PPP 235

Hijrah Hanura 153

Sumber: