Daftar Paskibraka di Seluma Harus Tes Kesehatan Dulu

Daftar Paskibraka di Seluma Harus Tes Kesehatan Dulu

Perekrutan Calon Angota Paskibra--

 

 

PEMATANG AUR, Radar Seluma,disway,id - Rekrutmen siswa- siswi calon anggota pengibar bendera pusaka (Paskibra) tidak lagi dilakukan melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora), melainkan sudah melekat di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).

 

Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor: 51 Tahun 2022, mereka yang bertugas pada upacara peringatan HUT RI tersebut akan direkrut melalui Kesbangpol selaku organisasi perangkat daerah (OPD) yang menangani tugas-tugas umum pemerintahan, dalam hal ini di bawah binaan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

 

Untuk tahapannya saat ini sedang dalam proses pendaftaran melalui aplikasi transparasi. Berbeda dengan tahun lalu. Tahun ini Paskibraka memiliki dua tugas yang itu saat upacara HUT RI pada 17 Agustus dan juga pada 1 Juni pada hari Kesaktian Pancasila. "Untuk Paskibraka saat ini sudah mulai tahap pendaftaran. Yang akan dilaksanakan dari bulan Februari sampai dengan minggu pertama bulan April. Untuk tahun ini Paskibraka dua kali tugas yaitu 17 Agustus dan 1 Juni," kata Dadang Kosasi Kepala Kesbangpol Seluma, kemarin (5/2).

 

Sejauh ini, kata dia, pihaknya telah melaksanakan sejumlah tahapan, antara lain sosialiasi dengan mengundang perwakilan dari SMA/sederajat baik negeri maupun swasta, termasuk purna paskibraka Kabupaten Seluma.

BACA JUGA:Penyaluran Bantuan Pangan Beras di Seluma Dipercepat, Sebelum Pemilu

BACA JUGA:Dereta Mobil Xenia Daihatsu Memiliki Aura Khas Mobil SUV Terbaik dan Canggih Berkat Adanya Garis overfender

“Untuk pendaftaraan masih tetap sama melalui aplikasi Transparasi Paskibraka. Bedanya tahun ini harus tes kesehatan terlebih dahul,” sambungnya.

 

Menurutnya, seleksi dimulai dari kabupaten/kota dan hasilnya dikirim ke provinsi. Kemudian mereka yang telah masuk sebagai paski di provinsi akan diseleksi lagi untuk masuk di Paskibraka nasional.

Sumber: