Sesudah UGM, Rektor UII Minta Jokowi Kembali Menjadi Teladan! Ada Penyalahgunaan Kekuasaan Oleh Presiden

Sesudah UGM, Rektor UII  Minta Jokowi Kembali Menjadi Teladan!  Ada Penyalahgunaan Kekuasaan Oleh Presiden

Rektor UII (tiktok)--

 

BACA JUGA: Wow, Samsung Bongkar Fitur AI Favorit Konsumen di Galaxy S24 Series, Circle to Search with

 

 

Belum lagi soal proses pengambilan keputusan tersebut yang sarat dengan intervensi politik dan dinyatakan terbukti melanggar etika, hingga menyebabkan Ketua MK, Anwar Usman diberhentikan.

 

Dalam petisi ini, Civitas akademika UII menilai gejala ini kian jelas ke permukaan saat Jokowi menyebut presiden boleh berkampanye dan berpihak, sehingga menyatakan ketidaknetralan institusi kepresidenan. Dengan emmbolehkan presiden berkampanye dan berpihak.

 

"Perkembangan termutakhir, distribusi bantuan sosial melalui pembagian beras dan bantuan langsung tunai (BLT) oleh Presiden Joko Widodo juga ditengarai sarat dengan nuansa politik praktis yang diarahkan pada personalisasi penguatan dukungan terhadap pasangan calon presiden dan calon wakil presiden tertentu," tegasnya.

 

 

Civitas Akademika UII juga melihat adanya indikasi mobilisasi aparatur negara untuk kepentingan dukungan terhadap pasangan calon tertentu yang tentunya melanggar hukum sekaligus konstitusi.

 

"Situasi di atas menjadi bukti, Indonesia sedang mengalami darurat kenegarawanan yang bisa berujung pada ambruknya sistem hukum dan demokrasi," bebernya.

 

Sumber: