2023 Disnakertrans Seluma Rekomendasikan 70 Calon PMI, Tahun Ini Baru 2

2023 Disnakertrans Seluma Rekomendasikan 70 Calon PMI, Tahun Ini Baru 2

epala Disnakertrans Seluma Rosdiana, Rekomendasikan 70 warga seluma berangkat kerja di luar negeri--

 

 

PEMATANG AUR, Radar Seluma,disway,id - Sepanjang tahun 2023 Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Seluma sudah merekomendasikan lebih kurang 70 orang warga Kabupaten Seluma untuk berangkat dan bekerja ke luar negeri. Dari jumlah tersebut yang paling banyak diberangkatkan ke Taiwan. Menyusul negara lainnya seperti Korea dan lainnya. Sebelum memberikan rekomendasi keberangkatan sebagai Pekerja Migran Indonesia (PMI). Disnakertrans terlebih dahulu akan melaksanakan wawancara terhadap calon PMI. Terbaru ada dua orang yang mengajukan rekomendasi untuk bekerja ke Taiwan pada bulan Januari ini.

Kepala Disnakertrans Seluma Rosdiana mengungkapkan sebelum memberikan rekomendasi akan dilakukan juga wawancara kepada orangtua, suami, dan istri calon PMI ini. 

BACA JUGA:Vaksin Covid-19 di Seluma Masih Gratis Untuk Kelompok Rentan

BACA JUGA: Cari Barang Bukti, Polisi Geledah 2 Rumah Pelaku Pembakaran Kantor Desa Muara Danau Seluma

"Lebih kurang pada tahun 2023 itu sebanyak 70 orang yang mengurus kelengkapan berkas untuk menjadi PMI.  Untuk saat ini ada dua orang yang sudah diberikan rekomendasi tujuannya Taiwan bekerja di pabrik dan rumah tangga," kata Rosdiana, S.Sos, M.Si kepala Disnakertans Seluma disampingi Kabid Ketenagakerjaan Endang Tri Hastoti.

Disampaikannya pada tahun 2023 di Kabupaten sudah lumayan banyak masyarakat Kabupaten Seluma yang hendak bekerja ke luar negeri. Jika dibandingkan pada masa pandemi Covid-19 kemerin untuk bekerja ke luar negeri memang dilarang. 

"Pandemi tidak ada lagi, maka masyarakat sudah mulai berani untuk bekerja ke luar negeri atau menjadi PMI," sambungnya. 

BACA JUGA: Prof Rhenald Kasali: Militansi Pemimpin Jadi Modal Besar Hadapi Disrupsi Zaman

Dia menjelaskan, adapun tujuan negara dari masyarakat yang menjadi pekerja migran ini bermacam-macam. Mulai dari mencari pengalaman hingga karena tuntutan ekonomi.

Rosdiana mengimbau kepada masyarakat agar berangkat ke luar negeri dengan jalur resmi. Apabila keberangkatan resmi maka tentunya akan diberikan rekomendasi oleh Disnakertrans setempat.(adt)

 

Sumber: