Hari Ini 648 PTPS di Seluma Dilantik

Hari Ini 648 PTPS di Seluma Dilantik

Pelantikan PTPS di Seluma Oleh Panwascam--

 

PASAR TAIS - Sebanyak 648 orang pengawas TPS (PTPS) dalam waktu dekat akan segera dilantik. Sedangkan untuk 29 PTPS Kecamatan Seluma yang dinyatakan lulus seleksi beberapa waktu yang lalu rencananya akan dilantik hari ini sesuai dengan tahapannya yaitu 22 Januari. 

Anggota Panwascam Seluma, Pamor menyatakan, sebelumnya calon pengawas tersebut telah mengikuti tahapan seleksi administrasi dan wawancara.

"Kami telah menyeleksi calon Pengawas TPS secara administrasi dan wawancara. Hal ini untuk menguji kemampuan taktis. Untuk pelantikan Senin," tuturnya.

Dirinya menjelaskan, salah satu kemampuan taktis seorang Pengawas TPS adalah mampu memetakan kerawanan saat pungut hitung suara di TPS. Saat pungut hitung suara di TPS, ada beberapa kerawanan yang telah kami petakan. Kerawanan itu adalah akurasi data pemilih. Misalnya terdapat pemilih yg memenuhi syarat tapi tidak ada dalam DPT/DPTb. Begitupun sebaliknya. 

BACA JUGA:Rahasia Wanita Lembah Hunza Tetap Cantik di Usia Senja

BACA JUGA:Kapan PPPK Lulus Tahun 2023 Terima SK? Simak Selengkapnya...

Kemungkinan kerawanan lainnya saat pungut hitung suara adalah terdapat aktor Politik Uang di sekitar TPS. TPS di dekat Posko kemenangan pun menjadi salah satu kerawanan. 

Selain itu, kerawanan netralitas KPPS menjadi fokus pengawasan Pengawas TPS. Saat perhitungan suara pun, kerawanan paling krusial adalah kemurnian hasil perhitungan suara. 

Dengan dilantiknya 29 orang Pengawas TPS dapat menciptakan  pemilu damai di Kecamatan Seluma.

Pengawas TPS adalah panitia yang dibentuk oleh Panwascam untuk membantu Pengawas Kelurahan atau Desa. Tugasnya mengawasi rangkaian dimulai dari persiapan dan pelaksanaan pemungutan suara yang akan dilakukan KPPS hingga diserahkannya hasil penghitungan suara ke Panitia Pemungutan Suara.

BACA JUGA:Pemda Seluma Sedang Persiapan Melaksanakan Job Fit

BACA JUGA: Donna Harun, 55 Tahun Bikin Salfok, Tetap Awet Muda

"Kebutuhan PTPS itu berdasarkan dengan jumlah TPS. Untuk di Kecamatan Seluma ada 29 TPS. Untuk keseluruhan yang mendaftar kemarin ada 58 orang dan yang dinyatakan lulus hanya 29 orang," tutupnya.(adt)

Sumber: