Kerap Terjadi Abrasi, Warga Tebat Sibun Seluma Usulkan Pembuatan Bronjong

 Kerap Terjadi Abrasi, Warga Tebat Sibun Seluma Usulkan Pembuatan Bronjong

Warga meminta dibangunkan bronjong atasi abrasi--

 

BACA JUGA: Terima 70 Juta, Dijanjikan Kerja di Bank Bengkulu, Oknum Kabid Dispribdagkop Seluma Dipolisikan

 

Dimana, kondisi abrasi ini telah terjadi sejak empat tahun terakhir. Bahkan usulan untuk bronjong sudah diajukan juga sejak abrasi pertama kali terjadi. Terjadinya abrasi lantaran debit air sungai Talo Kecil yang mengikis pinggiran tanah disungai. Terutama pada saat terjadi hujan deras dalam kurun waktu yang cukup lama.

 

Bahkan, Desa ini juga kerap menjadi langganan banjir, sehingga jika tidak ada penanganan maka lambat laun jalan dan perumahan di desa juga akan menjadi korban abrasi.

 

"Kalau banjir sudah jadi langganan desa ini. Jika tidak ada tindakan, maka lambat laun semuanya akan terkikis. Terlebih lagi cuaca ekstrem akhir akhir ini kerap melanda Seluma," ujarnya.

 

Dirinya juga menambahkan, bahwa awalnya bronjong akan dibuat menggunakan dana desa, namun nilai anggarannya ditaksir cukup besar sekitar Rp 800 juta, nilai tersebut hampir mendekati jumlah anggaran Dana Desa (DD) pertahunnya, sehingga mustahil dilakukan.

 

BACA JUGA:Situs Resmi, Toyota Fortuner Hadir dalam 6 Pilihan dan Dibanderol Bervariasi Rp. 530.8 Juta Hingga 694.9 Juta!

BACA JUGA:KUR BRI 2024! Pinjaman,Bunga, dan Angsuran Lengkap Disini....

 

Bronjong tersebut akan diusulkan setinggi 8 meter dan sepanjang 300 meter. Jika nantinya usulan resmi sudah diterima oleh PUPR Provinsi Bengkulu dan BWSS VII. Maka lokasi pemasangan bronjong akan disurvei dan diukur nilai pastinya.

Sumber: