Langgar Kedisiplinan, Ini Mmbuat ASN Disanksi

Langgar Kedisiplinan, Ini Mmbuat ASN Disanksi

Inspektur Inspektorat BS--

Dalam PP displin PNS ada tiga jenis sanksi yang menanti para pelanggarnya. Diantaranya sebagai berikut yang pertama Sanksi disiplin berat yaitu PDH tidak atas permintaan sendiri bagi PNS yang tidak masuk kerja tanpa alasan yang sah secara kumulatif selama 28 hari atau lebih dalam satu tahun.

 

Pemberhentian sebagai PNS jika tidak masuk kerja secara terus-menerus selama 10 hari kerja. Penurunan jabatan satu tingkat selama 12 bulan jika bolos selama 21-24 hari dalam setahun.Tidak masuk selama 25-27 hari selama setahun, ASN dibebaskan dari jabatan pelaksana selama 12 bulan.

Untuk sanksi disiplin Sedang PNS yang tidak masuk kerja selama 11-13 hari dalam satu tahun, dikenakan pemotongan tunjangan kinerja (Tukin) sebesar 25 persen selama 6 bulan. Bahkan nantinya ada sanksi pemotongan tukin 25 persen selama 9 bulan untuk PNS yang bolos kerja selama 14-16 hari dalam setahun. 

Sedangkan bagi ASN yang bolos selama 17-20 hari akan diberikan sanksi pemotongan tukin 25 persen selama 12 bulan. Namun untuk sanksi disiplin ringan PNS yang tidak masuk selama 3 hari dalam setahun diberi teguran lisan. Untuk teguran tertulis dilayangkan kepada PNS yang bolos 4-7 hari dalam setahun. Akan tetapi, PNS yang tidak masuk kerja selama 7-10 hari diberi surat pernyataan tidak puas.

 

BACA JUGA:Kemana Pilot Kalau Tidak Ada Jadwal Terbang? Mau Tau?

BACA JUGA: Terbang Dari Halim Perdanakusuma Jakarta, Batik Air Tambah Frekuensi ke Yogyakarta, Semarang dan Palembang

 

"Sanski yang bakal diterima PNS yang kedapatan tidak masuk tanpa alasan yang sah dan melanggar aturan jam kerja selama 10 hari kerja. Kalau nantinya dari hasil terbukti melanggar, maka pemerintah berhak memberikan sanksi tambahan berupa menyetop pemberian gaji sejak bulan berikutnya,"demikian Hamdan.(yes)

 

Sumber:

Berita Terkait