Rizal Ramli Meninggal Akibat Kanker Pankreas, Ini Bahayanya!

Rizal Ramli Meninggal Akibat Kanker Pankreas, Ini Bahayanya!

Rizal Ramli--

 

Radar Seluma.Disway.id, - Mantan Menko Maritim Rizal Ramli meninggal dunia di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) pada Selasa (2/1/2024). Sebelumnya, Rizal Ramli sempat menjalani pengobatan kanker pankreas stadium 4 selama 2 bulan.

 

BACA JUGA:Dishub Bengkulu Selatan Ingatkan Warga Tertib Berlalu Lintas

BACA JUGA:MCP Seluma 74%, Tertinggi di Provinsi Bengkulu

 

Hal itu dilaporkan oleh Staf Rizal Ramli, Tri Wibowo Santoso. Namun begitu, Tri tidak menjelaskan lebih lanjut perihal kondisi terakhir Rizal Ramli sebelum menghembuskan napas terakhirnya. Pihak keluarga juga mengatakan, Rizal Ramli tidak ingin publik mengetahui bahwa dirinya mengidap kanker pankreas.

 

Bahaya Kanker Pankreas

 

Kanker pankreas merupakan salah satu jenis kanker yang paling mematikan. Hanya sekitar 9% penderita kanker pankreas yang dapat bertahan hidup hingga 5 tahun setelah didiagnosis menderita penyakit ini . Jenis kanker pankreas terbagi dua, yaitu pancreatic adenocarsinoma dan pancreatic neuroendocrine tumors (NETs) . Beberapa faktor risiko yang bisa meningkatkan risiko seseorang terkena kanker pankreas antara lain adalah usia di atas 55 tahun, merokok, dan memiliki berat badan berlebih atau obesitas .

 

Kanker pankreas terjadi akibat pertumbuhan jaringan tidak normal dalam pankreas yang membentuk tumor pankreas. Pankreas adalah kelenjar yang terletak di bagian abdomen atau rongga perut, tepatnya di belakang lambung. Menurut data Globocan, angka kasus baru kanker pankreas hampir mencapai angka 6.000 setiap tahunnya di Indonesia pada tahun 2020 .

 

Sumber: