Sekda Seluma Terima Hasil ST2023 dari BPS

Sekda Seluma Terima Hasil ST2023 dari BPS

Sekda Terima Sensus--

 

PEMATANG AUR - Sekretaris Daerah (Sekda) Seluma H Hadianto, SE, MM, M.Si menerima hasil dari Sensus Pertanian 2023 yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Seluma. Pada kesempatan ini Sekda menyampaikan bahwa Data hasil sensus pertanian (ST) 2023 yang diperoleh, diharapkan dapat dijadikan pijakan dalam menentukan kebijakan pembangunan sektor pertanian.

Menurutnya, data sektor pertanian yang akurat, dapat memperbesar potensi pengembangan yang lebih menyeluruh di semua subsektor.

BACA JUGA:TPG Triwulan IV di Seluma Hari Ini Dibayarkan

BACA JUGA:Rolls-Royce Phantom Eksklusivitas Mobil Super Mewah Kecaggihan dan Kecepatan tinggi dengan Fitur Hibrida

 

“Terutama untuk meningkatkan kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani,” tegas Sekda, kemarin (28/12).

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Seluma Novrizal, SE, MM melalui koordinator Sensus Pertanian Ardi memaparkan, usaha pertanian perorangan (UTP) mendominasi tujuh subsektor pertanian yang disensus.

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Seluma baru saja merilis hasil Sensus Pertanian 2023, di mana dalam rilisnya menyajikan tentang kondisi gambaran usaha pertanian di Kabupaten Seluma,  tercatat Jumlah Usaha pertanian di Kabupaten Seluma mencakup tiga jenis unit usaha yang berperan penting dalam  ketersediaan dan ketahanan pangan. Ketiga jenis usaha pertanian tersebut adalah Usaha Pertanian Perorangan (UTP), Perusahaan Pertanian Berbadan Hukum (UPB), dan Usaha Pertanian Lainnya (UTL). Sinergi antara ketiga jenis unit usaha ini menjadi kunci dalam penyediaan dan ketahanan pangan yang berkelanjutan. 

Jumlah usaha pertanian hasil ST2023 sebesar 43.773 unit. Jenis usaha pertanian di Kabupaten Seluma didominasi oleh UTP, yaitu sebesar 99,90 persen dari total usaha pertanian. Berdasarkan hasil ST2023, Kecamatan Sukaraja, Kecamatan Semidang Alas Maras, dan Kecamatan Air Periukan merupakan kecamatan dengan jumlah UTP paling banyak. Kecamatan Sukaraja terdapat 6.131 unit, sementara pada Kecamatan Semidang Alas Maras terdapat 5.488 unit, dan Kecamatan Air Periukan terdapat 5.062 unit.

Rumah Tangga Usaha Pertanian ( RTUP )

Jumlah RTUP hasil ST2023 menunjukkan kenaikan sebesar 12,32 persen jika dibandingkan dengan kondisi RTUP hasil ST2013, yaitu dari 37.507 rumah tangga menjadi 42.126 rumah tangga. Berdasarkan hasil ST2023, Kecamatan Sukaraja, Kecamatan Semidang Alas Maras, dan Kecamatan Air Periukan merupakan kecamatan dengan jumlah RTUP paling banyak. Kecamatan Sukaraja terdapat 6.011 rumah tangga, sementara pada Kecamatan Semidang Alas Maras terdapat 5.268 rumah tangga, dan Kecamatan Air Periukan terdapat 4.903 rumah tangga.

BACA JUGA:Rolls-Royce Phantom Eksklusivitas Mobil Super Mewah Kecaggihan dan Kecepatan tinggi dengan Fitur Hibrida

BACA JUGA:Bugatti Chiron Super Sport Buatan Prancis dengan Fitur Hibrida, dan Sistem Bergerak Otomatis Memukau!

Sumber: