7 Kecamatan di Bengkulu Selatan Masih BABs

7 Kecamatan di Bengkulu Selatan Masih BABs

Bupati Saat Berbincang Bersama Warga Agar Buang Air Besar Jangan Sembarangan--

 

 

BENGKULU SELATAN Radar Seluma.Disway.Id - Untuk mendapatkan predikat sebagai Kabupaten Sehat (ODF) Open Defecation Free 100 % maka Bengkulu Selatan setidaknya harus mencapai angka persentase sebesar 80% agar tidak lagi ODF sembarangan. "Kita masih banyak PR untuk mencapai angka 100 % mendapatkan predikat sebagai Kabupaten Sehat yakni bebas BAB. Maka tanpa terkecuali secara seksama merubah perilaku dan kebiasaan buang air besar sembarangan,"pesan Bupati.

BACA JUGA:Natal dan Tahun Baru, Bupati Bengkulu Selatan Ajak Jaga Perdamaian

 

 

ODF itu sendiri sebagai komitmen bersama untuk menerapkan perilaku hidup sehat dan bersih di masyarakat yakni terutama perilaku sebagai masyarakat yang masih buang air besar sembarangan. Maka dari itu, sebagai tolak ukur bagi Pemerintah Daerah untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan Pemerintah Daerah dalam merubah perilaku masyarakat dari yang tidak sehat menjadi perilaku hidup sehat dan bersih. "Setiap tahun ada penilaian ODF, dan bagi kecamatan yang belum 100% ODF mohon untuk diidentifikasi letak masalahnya, dan lakukan terus sosialisasi dan edukasi ke masyarakat, bila perlu memungkinkan Pemda akan fasilitasi untuk pembuatan jamban bagi masyarakat yang membutuhkan,"gumam Gusnan.

BACA JUGA:Wujudkan Pembangunan Pelabuhan Perikanan di Bengkulu Selatan

 

 

Optimis di 11 kecamatan di kabupaten Bengkulu Selatan, yakni 7 kecamatan belum 100% dan 4 sudah bebas BAB dan dalam waktu dekat Bengkulu Selatan akan bebas dari BAB sembarangan.  "Kalau bersinergi dan saling bekerjasama, nantinya pasti kurang dari 3 tahun permasalahan BAB sembarangan ini akan tuntas di Bengkulu Selatan,"demikian Gusnan.

 

 

Sekedar untuk diketahui persentase desa bebas buang air besar sembarangan pada Tahun 2022 adalah 51%, dan per Desember 2023 mengalami peningkatan sebesar 72,8%. Sementara Kecamatan Kota Manna, Pasar Manna, Pino dan Bunga Mas telah mencapai 100% bebas dari BAB sembarangan. Sementara kecamatan yang belum 100% meliputi Air Nipis baru 20%, Ulu Manna 30%, Seginim 40%, Kedurang Ilir 66%, Pino Raya 71,4%, Manna 88% dan Kedurang 84,2%.(yes)

Sumber: