Dinkes Bengkulu Selatan Minta Warga Waspada DBD

Dinkes Bengkulu Selatan Minta Warga Waspada DBD

Dinkes BS --

 

 

BENGKULU SELATAN Radar Seluma.Disway.Id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bengkulu Selatan minta waspada ancaman sejumlah penyakit. Antara lain, demam berdarah dengue (DBD) dan infeksi saluran pernafasan akut (ISPA). "Di awal musim penghujan biasanya sering muncul penyakit DBD dan Ispa kemudian, diare,"ucap Kepala Dinas Kesehatan, Bengkulu Selatan, Didi Ruslan M.Si.

BACA JUGA:16 Raperda Bengkulu Selatan Ditetapkan Dalam Propemperda

 

Beragam penyakit muncul akibat perubahan cuaca yang ekstrem atau musim pancaroba dari penyakit kulit hingga Demam Berdarah Dengue (DBD). "Salah satu penyakit yang sangat perlu kita waspadai, dikarenakan merupakan masalah kesehatan serius yang mampu mengancam nyawa seseorang adalah penyakit DBD. Penyakit ini sangat identik dengan musim hujan yang menimbulkan banyaknya genangan yang terbentuk dari penampungan air terbuka atau lubang-lubang, sehingga nyamuk semakin mudah berkembang biak,"gumam Didi Ruslan.

BACA JUGA:BPBD Bengkulu Selatan Imbau Cuaca Buruk Masyarakat Jangan Mandi di Pantai

 

 

Ia menyebut guna mengantisipasi kasus DBD dan Ispa, pentingnya langkah pencegahan dengan penerapan pola hidup bersih dan sehat, dan dapat dimulai dengan tindakan 3M plus. Yakni, rutin menguras tempat penampungan air untuk menghilangkan jentik nyamuk, mengubur barang-barang bekas yang dapat menjadi sarang nyamuk, dan menutup rapat tempat penampungan air. Hindari gigitan nyamuk, dengan tidur memakai kelambu atau memakai obat nyamuk. "Dengan meningkatkan kesadaran akan pentingnya dalam pola hidup bersih dan sehat. Terutama bagi anak-anak sebagai generasi penerus bangsa,"pungkas Didi.(yes)

 

Sumber: