Penggemar Kopi Harus Tau Ini, Perbedaan Kopi Robusta dan Arabika! Dari Rasa Saja Beda

 Penggemar Kopi Harus Tau Ini,  Perbedaan Kopi Robusta dan Arabika! Dari Rasa Saja Beda

Perbedaan Arabika dan Robusta--

 

 

 

Radar Seluma.Disway.Id, - Kopi adalah minuman yang mendunia. Namun  di balik secangkir Kopi yang nikmat, ada perbedaan signifikan antara dua jenis Kopi yang dominan: robusta dan arabika. Kedua jenis Kopi ini memiliki karakteristik unik yang memengaruhi rasa, tempat tumbuh, serta kandungan kafein yang berbeda. Sebagai penggemar Kopi anda harus tahu bedanya. Berikut kami sampaikan perbedaannya, baik dari rasa dan pertumbuhan

BACA JUGA: Aduh, Buat Malu TNI Saja! Gerombolan Ini Serbu Satpol PP, Lalu Bebaskan Puluhan PSK

BACA JUGA: Elon Musk Sampaikan Dukung ke Israel, Lawan Hamas di Jalur Gaza

 

 

1. Rasa yang Berbeda

Robusta: Dikenal dengan rasa yang kuat, pahit, dan beraroma tanah. Kopi robusta sering kali memiliki karakter yang tegas dan penuh.

Arabika: Lebih kompleks dalam hal rasa dan aroma. Variasi rasanya bisa dari buah-buahan hingga bunga-bungaan, dengan sedikit atau tanpa rasa pahit.

2. Lokasi Pertumbuhan

Robusta: Tumbuh di dataran rendah, ketinggian sekitar 200-800 meter di atas permukaan laut. Pohon robusta lebih toleran terhadap hama dan kondisi lingkungan yang kurang ideal.

Arabika: Beradaptasi pada ketinggian yang lebih tinggi, biasanya di atas 600 meter sampai lebih dari 2000 meter di atas permukaan laut. Pertumbuhan terbaiknya terjadi di daerah dengan iklim sejuk, lembab, dan tanah yang subur.

Sumber: