Masing-masing Rp2,6 M, Tiga Puskesmas Seluma Direnovasi

Masing-masing Rp2,6 M, Tiga Puskesmas Seluma Direnovasi

Pukesmas di Renovasi--

 

 

 

PEMATANG AUR - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma Rudi Syawaludin mengungkapkan tahun depan ada tiga Puskesmas yang akan direnovasi dibangun dua lantai. Yaitu Puskesmas Kota Tais, Puskesmas Penago, dan juga Puskesmas Cahaya Negeri. Masing-masing dengan anggaran Rp2,6 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kesehatan. Saat ini sedang dalam proses pengajuan.

BACA JUGA:Mobil Mewah Ferrari 488 Spider 2023, Tampil Lebih Canggih dengan Fitur Otomatis yang Gagah

 

"Ya ada tiga yang akan direnovasi. Dibangun dua lantai. Ya tahun depan mulai dibangun," kata Rudi, kemarin.

Untuk Puskesmas Tais informasinya ada usulan agar pembangunan gedung dilebarkan dan tidak memanjang ke belakang. Tujuannya agar enak dilihat. Namun yang menjadi kendala apabila dibangun melebar maka bangunan bekas KUD yang kini ditempati sebagai sekretariat Koni terpaksa harus dibebaskan. "Kalau untuk pembebasan lahan tidak ada. Kita hanya untuk renovasi saja. Kalau memang tidak bisa maka akan kita bangun sesuai dengan ketersedian lahan," sambungnya.

Meski dibangun dua lantai, Puskesmas Tais tidak akan menjadi Puskesmas Perawatan karena ada aturannya Puskesmas perawatan bisa dibangun dengan jarak tertentu dari rumah sakit."Tahapnya sekarang sedang pengajuan. Setelah itu nanti baru konsultan yang akan bertugas membuat sket maupun gambar," jelasnya.

BACA JUGA: Setelah Anwar Usman Dipecat, Waktu MK Pilih Ketua Hanya 2x24 Jam

 

Selain itu, seperti yang diketahui ada rencana juga untuk relokasi Puskesmas Masmambang. Karena lokasinya sudah tidak representasi lagi. Puskesmas Masmambang akan dibangun di lahan yang cukup luas. Dan untuk bangunan yang lama selanjutnya akan dikembalikan ke pemerintah daerah.(adt)

 

Sumber: