Saluran Irigasi Bendungan Seluma Terancam Jebol, Ribuan Hektare Sawah Terancam

 Saluran  Irigasi Bendungan Seluma Terancam Jebol, Ribuan Hektare Sawah Terancam

Saluran irigasi dari bendungan Seluma yang terancam jebol--

 

PADANG GENTING, Radar Seluma.Disway.Id,  - Tanggul penahan saluran irigasi yang berada di Desa Padang Genting, Kecamatan Seluma Selatan. Tepatnya berada di samping masjid di sebelah rumah Kepala Desa Padang Genting. Pada saat ini mengalami longsor pada tanah dinding tanggul penahan irigasi. 

 

BACA JUGA: 99 Calon PPPK Nakes Tahun 2023 Gugur, Tak Penuhi Syarat

BACA JUGA: Laba Sebelum Pajak Bank Muamalat Tumbuh 90,7% YoY, Sembilan Bulan Pertama Tahun 2023

 

Dikatakan Kepala Desa Padang Genting, Yuli Ikhwan, jebolnya tanggul tersebut telah terjadi pada saat hujan deras yang sempat mengguyur Kabupaten Seluma,  sejak lama musim kemarau. Kejadian tersebut baru diketahuinya, pada saat hujan deras disertai lumpur merah masuk ke belakang pekarangan rumahnya.

 

 "Kejadiannya pas hujan deras waktu itu. Air irigasi ketika itu sedang meluap, kemudian tanah tanggul disisi irigasi longsor. Saya baru tahunya pas luapan tanah longsor itu masuk mengalir ke pekarangan belakang rumah saya," sampainya.

 

Dirinya juga mengatakan, mengetahui kejadian tersebut. Membuat pihaknya bersama masyarakat langsung melakukan upaya perbaikan dengan cara gotong royong. Hal tersebut dilakukan guna untuk mengantisipasi hal yang lebih buruk lagi.

 

 

Kondisi tanggul irigasi yang jebol tersebut kemudian langsung diperbaiki secara gotong royong oleh masyarakat petani. Dengan mengisi karung berisi tanah dan ditumpuk di bagian dinding irigasi yang telah mengalami longsor.

Sumber: