Kisah Ruqayyah, Putri Rasulullah yang Wafat saat Perang Badar Berkecamuk

 Kisah Ruqayyah, Putri Rasulullah yang Wafat saat Perang Badar Berkecamuk

Kajian Islam putri rasul--

 

 

Kajian Islam, Radar Seluma.Disway.Id - Nabi Muhammad SAW memiliki 7 orang anak, 3 laki-laki 4 perempuan. Salah satunya Ruqayyah binti Muhammad merupakan putri kedua Rasulullah SAW dari pernikahannya dengan Khadijah. 

Ruqayyah binti Muhammad meninggal dunia saat perang Badar sedang sengit-sengitnya melawan kaum Quraisy.

 

BACA JUGA:Hasil Moto GP Mandalika 2023 : Pecco Bagnaia Terdepan, Marc Marquez Terjatuh...Bagnaia Star dari Posisi 13!

BACA JUGA:Awal Mula dan Sejarah Bugatti Veyron, Mobil Sport Klasik Yang Fenomenal

 

Ruqayyah Putri kedua Rasullulah SAW bersama Khadijah dua kali menikah, pertama kali Ruqayyah menikah dengan Utbah bin Abu Lahab sebelum Rasulullah SAW diangkat menjadi utusan Allah.

Utbah merupakan putra dari Abu Lahab yang sangat membenci dan memusuhi Rasulullah tidak hanya itu Abu Lahab beserta istri nya tidak segan-segan mencelakai Rasulullah SAW karena hal itu Utbah menceraikan Ruqayyah binti Rasulullah SAW.

 

Setelah bercerai dengan Utbah Ruqayyah binti Muhammad Allah SWT menggantikan dengan jodoh yang lebih baik Soleh yaitu sahabat Nabi Muhammad sendiri yang dan merupakan salah satu Khalifah setelah Umar bin Khatab RA yaitu Khalifah Usman bi Affan RA

 

Pernikahan Ruqayyah bin Muhammad SAW dengan Usman bin Affan saat peperangan antara umat muslim melawan kaum Quraisy saat perang Badar dan mengalami kekalahan sehingga pasukan Muslim terpaksa mengungsi atau hijrah ke Habasyah dan putri Rasulullah SAW Ruqayyah ikut berhijrah bersama sang suami dan pasukan muslim lainnya mengharapkan perlindungan dari Habasyah untuk melanjutkan dan menyusun strategi dalam memperjuangkan syariat Islam.

Sumber: