Sukses Transformasi Pelayanan Digital, FIFGROUP Raih DUEXA dan SQ Award 2023
Indra Gunawan selaku IT, Business Development, Corporate Planning, CRM and Risk Director FIFGROUP (kiri) menerima piagam penghargaan Digital User Experience Award dan Service Quality Award dengan kategori Pembiayaan Otomotif Roda Dua didampingi oleh Custo--
Jakarta, Radar Seluma.Disway.id, - Geliat kemajuan teknologi digital yang terjadi di dunia saat ini bukan lagi menjadi hal yang asing ditemui.
Era digital mulai hadir di tengah-tengah kita pada tahun 80-an dan semakin lama semakin maju.
BACA JUGA: Wabup Bengkulu Selatan Audit Kasus Stunting, Minta Tidak Ada Lagi Kasus Baru
Hingga setelah pandemi Covid-19 muncul, dengan segala keterbatasan yang mengkungkung manusia, teknologi digital semakin menunjukkan perannya di setiap lini kehidupan manusia.
PT Federal International Finance (FIFGROUP), anak perusahaan PT Astra International Tbk dan bagian dari Astra Financial yang bergerak di bidang pembiayaan, meraih dua penghargaan sekaligus dari Customer Perception Survey SQ Index 2023.
Yaitu Digital User Experience Award (DUEXA) dan Service Quality (SQ) Award pada kategori Pembiayaan Otomotif Roda Dua.
Penghargaan ini diterima langsung oleh Indra Gunawan selaku Information Technology (IT), Business Development (BD), Corporate Planning (Corplan), Customer Relationship Management (CRM) and Risk Director FIFGROUP. Awarding ini diraih berdasarkan riset nasional kepuasan pelanggan yang diadakan di 4 kota besar di Indonesia, nilai Service Quality Index (SQI) didapatkan FIFGROUP pada Good Service Performance dan Diamond Total Service Quality Satisfaction.
Indra menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasinya atas awarding ini: “Ini merupakan suatu kebanggaan bagi FIFGROUP khususnya tim CRM & Digital yang terus menerus mengupayakan pengembangan serta transformasi pelayanan digital, baik internal maupun eksternal.
Terima kasih kepada seluruh pelanggan FIFGROUP serta Majalah Marketing dan Survey One serta atas kepercayaan yang diberikan kepada FIFGROUP. Semoga di waktu selanjutnya platform pelayanan digital FIFGROUP tetap terus dapat memberikan services yang terbaik.”
Indra menambahkan : “Untuk selalu membantu para customer serta menjawab segala pertanyaan maupun keluhan, FIFGROUP menyediakan layanan FIONA (FIFGROUP Intelligence Personal Assistant) yang merupakan Virtual Customer Service yang dikembangkan oleh FIFGROUP.
FIONA dapat menjawab segala pertanyaan maupun keluhan customer dengan layanan 24 jam yang dapat memberi akses dari segi informasi seperti pengecekan angsuran, informasi terkait kontrak, syarat pengambilan BPKB, perpanjangan STNK, informasi terkait semua layanan FIFGROUP (FIFASTRA, SPEKTRA, DANASTRA, FINATRA dan AMITRA), informasi dan aktivasi FIFGROUP Card (FGC) serta informasi mengenai kantor cabang FIFGROUP. Cara mengakses FIONA dapat melalui WhatsApp, website resmi FIFGROUP, aplikasi FIFGROUP Mobile Customer, atau Facebook Messenger.”
Dari tahun ke tahun, digitalisasi menjadi suatu keharusan bagi semua perusahaan. Perusahaan-perusahaan yang berhasil mengikuti revolusi digital akan memimpin industri. Dengan memanfaatkan teknologi digital dan otomatisasi, efisiensi bisnis akan meningkat yang pada akhirnya akan menghasilkan peningkatan profit perusahaan.
Ada tiga pendekatan yang dapat diambil oleh perusahaan untuk memanfaatkan peluang digitalisasi saat ini yaitu, yang pertama adalah dapat melakukan analisis, perencanaan dan adaptasi. Kedua, investasi dalam teknologi. Ketiga, selalu mengadakan evaluasi agar dapat menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan bisnis yang dapat berubah-ubah seiring berjalannya waktu.
BACA JUGA: Mantan Kades Batu Tugu Seluma Segera Diadili, Dugaan Korupsi APBDes
BACA JUGA:Jaksa Seluma Sedang Lidik Penyertaan Modal Ratusan Juta di BUMDes
Digital User Experience Award (DUEXA) dan Service Quality (SQ) Award
Awarding ini bertujuan agar dapat menjadi tolak ukur dalam melihat kinerja perusahaan dalam menjalankan digitalisasi agar lebih unggul dari pesaing dan menjadi motivasi kedepan untuk terus meningkatkan kualitas layanan digital agar dapat memenuhi serta melebihi harapan pengguna.
Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan-perusahaan dari beberapa kategori yang dinilai berhasil melakukan transformasi pelayanan digital. Survey One mengembangkan kerangka kerja yang digunakan sebagai parameter penilaian bernama Good Service Performance dan Diamond Total Service Quality Satisfaction yang diperoleh dari Customer Perception Survey SQ Index 2023.
Eksternal audit, yang dilakukan oleh Survey One dan Frontier Technology dengan melibatkan 500 Panel Publik, 300 Panel Investor, 30 Panel Top Digital Experts dan 20 Panel Jurnalis Senior untuk mengevaluasi perusahaan-perusahaan yang layak masuk nominasi dari beberapa kategori industri Indonesia.
Para auditor juga mengevaluasi tingkat keberhasilan transformasi digital setiap nominator melalui 5 parameter dimensi yaitu product awareness, customer touch points, organizational initiatives, strategic initiatives dan process quality.
Sumber: