Dinkes Bengkulu Selatan Terapkan Gendhis Manis

Dinkes Bengkulu Selatan Terapkan Gendhis Manis

Sosialisasi Edukasi dan Informasi Kesehatan Diabetes Militus ke Masyarakat--

 

 

BENGKULU SELATAN Radar seluma.com - Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Bengkulu Selatan (BS), Didi Ruslan M.Si mengalami pihaknya melaksanakan kegiatan melalui Seksi P2PTM dan KESWA Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkulu Selatan sosialisasi edukasi dan informasi kesehatan Diabetes Militus ke Masyarakat. "Gerakan Hidup Sehat Melawan Diabetes Mellitus (Gendhis Manis) sejak tahun 2019 pemerintah Indonesia bekerjasama dengan Humanitiy Inclusion untuk meningkatkan pelayanan diabetes yang berkualitas dan inklusif melalui program Gendhis,"ungkap Didi Ruslan.

BACA JUGA:Dihadiri Gubernur Bengkulu, Baznas Bengkulu Selatan Realisasikan Bedah Rumah

 

Dikatakan Didi Ruslan, Diabetes Mellitus merupakan penyakit komorbid. Pencegahan dan pengendalian penyakit Diabetes Mellitus menjadi salah satu prioritas program Dinas kesehatan. "Gendhis Manis adalah gerakan hidup sehat melawan Diabetes Mellitus. Program ini dilaksanakan oleh Humanitiy Inclusion bekerjasama dengan Dinas Kesehatan,"ucap Didi Ruslan. 

BACA JUGA:80 Siswa Ikuti Lomba Karya Inovasi Kreatif Tingkat SMA sederajat se-Kabupaten Bengkulu Selatan

 

Ia mengakui tujuan dari Gendhis Manis adalah meningkatkan akses pelayanan Diabetes yang berkualitas dan inklusif. Program Gendhis manis ini berfokus pada penyakit Diabetes Mellitus. Yakni memberikan sosialisasi, edukasi dan memberikan informasi kesehatan Diabetes Mellitus kepada masyarakat. "Peningkatan kompetensi untuk tenaga kesehatan berada di Puskesmas, Rumah Sakit. Peningkatan kompetensi juga diperuntukkan untuk kader-kader yang ada di masyarakat,"pungkas Didi.

 

 

 

Intinya program tersebut membantu masyarakat agar lebih mudah untuk mendapatkan informasi mengenai Diabetes Mellitus serta penanggulangannya. "Gendhis Manis fokus pelayanan yang memperhatikan aspek askesibilitas sehingga dapat dimanfaatkan bagi semua orang dan termasuk bagi penyandang Disabiitas,"demikian Didi.(yes)

 

Sumber: