Belum Digunakan, BPJS Jamkesda Seluma Tak Aktif

Belum Digunakan, BPJS Jamkesda Seluma Tak Aktif

--

 

 

 

PEMATANG AUR - Terkait dengan keluhan masyarakat banyaknya Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) yang berstatus tidak aktif Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Seluma Rudi Syawaludin mengharapkan agar masyarakat segera mengecek atau menggunakan kartu tersebut untuk berobat. Apabila masih berstatus non aktif dirinya mengharapkan untuk segera melapor ke petugas Dinkes dan kemudian akan dibantu untuk pengaktifan ke BPJS.

BACA JUGA: 5 SD dan SMP di Seluma Diaudit Inspektorat, Penggunaan Dana BOS

 

"Pada beberapa kesempatan kita sudah sering menyampaikan perihal ini. Bahkan kita juga sudah menyampaikan daftar nama penerima Jamkesda ke BPJS. Dan perlu kita sampaikan bahwa sudah 96 persen masyarakat Seluma ini sudah ikut serta dalam program BPJS. Bagi masyarakat khususnya yang merupakan penerima Jamkesda kami imbau tolong dicek dengan cara berobat ke Puskesmas. Karena BPJS ini baru aktif apabila sudah digunakan untuk berobat," kata Rudi, kemarin (26/9).

 

Dijelaskannya bahwa saat ini sudah berbeda dengan dulu. Kalau dulu ketika membuat BPJS masyarakat perlu menunggu selama 14 hari hingga kartu diaktifkan. Kalau saat ini kartu sudah bisa langsung aktif tetapi dengan catatan harus digunakan langsung untuk berobat. Hal ini juga dampak dengan penyesuaian UHC. "Masyarakat yang ingin berobat juga tidak perlu lagi bawa kartu BPJS. Apabila tinggal mereka hanya perlu menunjukan KTP," jelasnya.

BACA JUGA:Wow! Mobil mewah Ferrari terkenal asal Italia

 

Diakui oleh Rudi ada banyak Jamkesda yang berstatus tidak aktif. Namun saat ini setelah ditindaklanjuti ke BPJS langsung seluruhnya sudah aktif lagi." Kami tekankan lagi apabila saat di Faskes terdekat masih juga belum aktif maka silakan komunikasi dengan Dinkes dan kita akan tindaklanjuti dengan langsung menghubungi BPJS supaya bisa langsung diaktifkan," tutupnya.(adt)

 

Sumber: