"NIA - BMA" Gandeng Sektor Swasta, Ciptakan "Bangkok's Sandbox – Cognitive Innovation District",

"NIA - BMA" Gandeng Sektor Swasta, Ciptakan "Bangkok's Sandbox – Cognitive Innovation District", --

 

 

BANGKOK, THAILAND, Radar Seluma, Disway.id,  - Badan Inovasi Nasional (Organisasi Publik) atau NIA telah bekerja sama dengan Administrasi Metropolitan BANGKOK (BMA) untuk mengembangkan Distrik Inovasi ARI bersama ARITech, yang mencakup Teknologi AI, Robotika, Immersive, dan IoT , dengan tujuan mendorong pertumbuhan distrik dan mengubahnya menjadi kota kognitif. 

 

Empat komponen utama pengembangannya adalah aset ekonomi, aset fisik, aset jaringan, dan aset digital. ARI Innovation District atau ARID akan dikembangkan sebagai pusat ekonomi baru untuk mengakomodasi bisnis inovatif, investasi sektor publik dan swasta, serta perusahaan teknologi global. ARID diharapkan dapat menjadi landasan inovasi dalam misinya untuk merangsang investasi infrastruktur yang penting bagi pengembangan teknologi praktis.

 

 Untuk mendukung misi tersebut, diadakan ARID Hackathon 2023: Inovasi untuk kesejahteraan. Pemenang utama dari kontes ini adalah PARK :D, yang menghadirkan platform "Parking Lot - Sharing" sebagai sarana untuk meningkatkan konektivitas transportasi. Ide pemenang penghargaan tersebut akan dikembangkan lebih lanjut dan digunakan sebagai inovasi untuk ARID.

 

 

 

Bapak Sanon Wangsrangboon, wakil gubernur Bangkok, mengungkapkan bahwa BMA dan NIA memiliki tujuan yang sama untuk menjadikan ibu kota Thailand tempat yang nyaman untuk ditinggali melalui perumusan dan implementasi kebijakan. Untuk mencapai tujuan ini, penting untuk menggunakan inovasi tidak hanya dalam meringankan atau memecahkan masalah tetapi juga memanfaatkan sumber daya yang ada untuk meningkatkan kelayakan huni dan nilai tambah. ARI merupakan kawasan strategis yang kini ditingkatkan menjadi “distrik inovasi”. 

 

Peningkatan ini menandai awal yang penting dalam perjalanannya untuk menjadi lebih layak huni dengan perumahan yang lebih baik, layanan publik yang nyaman, modernitas, dan tata kota yang mendukung bisnis berbasis teknologi. ARI dapat meningkatkan peringkatnya sebagai salah satu lingkungan tinggal terbaik di dunia karena transformasinya menjadi distrik inovasi terkemuka di tingkat internasional dan integrasi inovasi yang komprehensif.

 

Sumber: