Sejarah Yerussalem, Masjid Al-Aqsa: Tempat Suci yang Bersejarah Bagi Umat Islam, Berikut 5 Faktanya!!!

Sejarah Yerussalem,  Masjid Al-Aqsa: Tempat Suci yang Bersejarah Bagi Umat Islam, Berikut 5 Faktanya!!!

Sejarah Yerussalem, Budaya, Agama dan Peradaban Manusia--

 

Masjid Al-Aqsa, terletak di Kota Lama Yerusalem, Palestina, adalah salah satu tempat suci paling penting dalam agama Islam. Sejarahnya yang panjang dan bersejarah telah membentuk kedudukan istimewanya dalam tradisi Muslim. Berikut adalah ringkasan sejarah Masjid Al-Aqsa yang menarik:

 

BACA JUGA:Sejarah Yerusalem dalam Islam, Salah Satunya Peristiwa Isra' Mi'raj

BACA JUGA:Sejarah Yerusalem: Kota dengan Sejarah yang Kaya dan Masjid Terkenal

 

1. Pembangunan Awal oleh Nabi Sulaiman : Masjid Al-Aqsa pertama kali didirikan oleh Nabi Sulaiman (Salomo) pada abad ke-10 SM, menurut tradisi Islam. Bangunan ini merupakan bagian dari kompleks Bait Suci di Yerusalem.

 

2. Penghancuran oleh Bangsa Romawi: Setelah Yerusalem ditaklukkan oleh Kekaisaran Romawi pada tahun 70 M, Bait Suci termasuk Masjid Al-Aqsa dihancurkan. Namun, kemudian dibangun kembali oleh Kaisar Romawi Konstantinus.

 

3. Pengambilalihan oleh Muslim:

Pada tahun 638 M, Yerusalem jatuh ke tangan Muslim di bawah pimpinan Khalifah Umar bin Khattab. Masjid Al-Aqsa diberikan status istimewa dalam Islam.

 

4. Pembangunan Ulang oleh Umayyah: Pada abad ke-7, Khalifah Umayyah, Abd al-Malik ibn Marwan, membangun kembali Masjid Al-Aqsa, yang masih berdiri hingga hari ini dengan sebagian strukturnya yang asli.

Sumber: