Aren Tanaman Multi Manfaat

Aren Tanaman Multi Manfaat

Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi,SE.MM.--

 

 

BENGKULU SELATAN Radar Seluma.com - Budidaya aren dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dan pelestarian sumber daya alam serta lingkungan hidup. Aren adalah tanaman yang multi manfaat mulai dari daun hingga akarnya bernilai ekonomi, bahkan prospek ekonominya dapat mengalahkan kelapa sawit, karena aren dapat dipanen setiap hari.

BACA JUGA:Neraka Sa'ir yang Menyala-nyala Untuk Balasan Orang Kafir Dan Pengikut Setan

 

"Saya mengajak masyarakat menanam tanaman aren di lahan pertanian mereka. Sebab Aren tanaman yang multi manfaat mulai dari daun hingga akarnya bernilai ekonomi, bahkan prospek ekonominya dapat mengalahkan kelapa sawit"tutur Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi,SE.MM.

BACA JUGA:Menahun, Kecamatan Pino Raya dan Kedurang Belum Tuntas Peta Desa

 

Dikatakan Gusnan, pohon aren dapat dipanen pada usia 5-6 tahun sejak masa tanam dan dapat berproduksi setiap hari. Bahkan air nira pohon aren dapat dimanfaatkan pula sebagai penghasil bioetanol. Bioetanol atau Biofuel dikenal sebagai bahan bakar nabati yang ramah lingkungan sebagai sumber energi terbarukan yang menjadi alternatif pengganti (substitusi). Bahkan pihaknya juga akan melakukan pelatihan dan penelitian sehingga kedepannya budidaya tanaman aren dapat diterapkan di Bengkulu Selatan. 

 

 

"Disamping masih luas lahan dan tidak produktif, juga dapat memenuhi kebutuhan konsumsi di dalam negeri atas produk-produk yang berasal dari tanaman aren, sekaligus meningkatkan pendapatan petani dan dapat pula ikut melestarikan sumber daya alam serta lingkungan hidup,"ucap Gusnan.  Ia berharap melalui sosialisasi ini tanaman aren dapat dikembangkan di Kabupaten Bengkulu Selatan, sehingga menjadi sumber pendapatan baru bagi masyarakat. Untuk kedepan Pemkab Bengkulu Selatan akan merencanakan bantu bibit aren melalui DLKH BS.

 

 

Sumber: