Cek Tanaman Sawit Anda, Mungkin Saja 5 Penyakit Ini Ada di Sawit Anda

Cek Tanaman Sawit Anda, Mungkin Saja 5 Penyakit Ini Ada di Sawit Anda

Ilustrasi perkebunan sawit.--

 

Radar Seluma.Disway. Id,  Musim kemarau ini membuat kelapa sawit rentan terhadap penyakit. Apa lagi sawit adalah tanaman keras yang membutuhkan banyak air dan nutrisi.

Akibat kemarau ini, banyak petani tidak memupuk. Bahkan tidak menyiangi kebun sawit. Akibat semak dan tidak terawat, kelapa sawit rentan terhadap penyakit.

 

BACA JUGA:8 Negara dengan Keindahan Luar Biasa, Wajib Anda Kunjungi!

BACA JUGA:Berikut 8 Negara Penghasil CPO (Crude Palm Oil), Indonesia Terbesar

 

Ada beberapa jenis penyakit yang menyerang tanaman kelapa sawit, di antaranya adalah:

 

1. Penyakit busuk pangkal batang (Ganoderma basal stem rot): Penyakit ini disebabkan oleh jamur Ganoderma boninense. Gejalanya termasuk daun yang kuning, tanaman yang lemah, serta busuk dan luluhnya batang tanpa ada daun yang terjaga.

 

2. Penyakit penyakit layu bakteri (Ralstonia solanacearum): Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang menyerang bagian akar tanaman kelapa sawit, menghambat aliran air dan nutrisi dalam tanaman. Gejalanya termasuk daun yang layu, tanaman yang lemah, dan akhirnya mati.

 

3. Penyakit coklat (Phytophthora palmivora): Penyakit ini disebabkan oleh jamur Phytophthora palmivora. Gejalanya meliputi daun yang kecil dan keriput, kematian anakan, serta daun yang mudah terlepas dari pohon.

Sumber: