Purdue Sumbangkan $1,3 Juta Uji Coba Obat Malaria! Untuk Asia Tenggara dan Afrika

 Purdue Sumbangkan $1,3 Juta Uji Coba Obat Malaria! Untuk Asia Tenggara dan Afrika

Lembaga riset untuk obat malaria--

 

 

WEST LAFAYETTE, Radar Seluma.Disway.Id,  -- Seorang peneliti Purdue mengambil lompatan besar dalam perjuangan melawan jenis malaria yang resistan terhadap obat di negara-negara berkembang.

 

BACA JUGA:Senyum Bahagia Orang Tua Di Kubur Ketika Di ziarahi di Didoakan Anaknya

 

Open Philanthropy telah memberikan $1,38 juta kepada Philip Low untuk lebih memvalidasi terapi obat yang sebelumnya telah ia dan rekan-rekannya tunjukkan berhasil mengobati penyakit ini. Low (berima dengan “sekarang”) adalah Presidential Scholar for Drug Discovery dari Universitas Purdue dan Profesor Kimia Terhormat Ralph C. Corley di Fakultas Sains .

 

Selama bertahun-tahun, para ahli mengkhawatirkan munculnya varian malaria yang resistan terhadap obat di Asia Tenggara dan kemungkinan satu atau lebih jenis malaria ini menyebar ke Afrika. Peristiwa serupa terjadi pada tahun 1980an dengan munculnya resistensi obat terhadap pengobatan standar klorokuin , yang mengakibatkan jutaan kematian.

 

Namun Low berupaya menyelamatkan nyawa di kedua benua dengan melakukan uji klinis untuk memvalidasi hasil sebelumnya dan menguji apakah jumlah hari pengobatan antimalaria dapat dikurangi.

 

Saat mempelajari bagaimana malaria menyebar dalam darah manusia, Low dan tim penelitinya menemukan bahwa terapi obat kanker imatinib efektif dalam pengobatan malaria yang resistan terhadap obat. Percobaan di Asia Tenggara menunjukkan bahwa imatinib, bila dikombinasikan dengan terapi malaria biasa, dapat menghilangkan semua parasit malaria dari 90% pasien dalam waktu 48 jam dan 100% pasien dalam waktu tiga hari . Pasien yang menerima imatinib juga mengalami penurunan demam dalam waktu kurang dari separuh waktu yang dialami pasien serupa yang diobati dengan terapi standar.

 

Sumber: