15 Desa di Seluma Sudah Cair DD Tahap Tiga

15 Desa di Seluma Sudah Cair DD Tahap Tiga

Kepala BKD Seluma Sumiati--

 

 

PEMATANG AUR - Dari 182 desa di Kabupaten Seluma, saat ini sebanyak 15 desa sudah melakukan pencairan dana desa (DD) tahap ketiga atau tahap akhir untuk tahun 2023. Saat ini sudah ditransfer ke rekening 15 desa sebesar Rp2,9 miliar.

 

Kepala Badan Keuangan (BKD) Kabupaten Seluma, Sumiati mengatakan desa yang sudah mengajukan pencairan dan persyaratannya sudah lengkap maka akan langsung diproses pencairannya. Sehingga bisa digunakan untuk pembangunan yang ada di desa. "Saat ini untuk DD tahap tiga sudah mulai dicairkan ke desa. Untuk desa yang sudah memenuhi syarat pencairan. Sudah ada 15 desa yang menerima kucuran DD tahap tiga dengan total anggaran sebesar Rp2,9 miliar," kata Sumiati, kemarin. 

BACA JUGA:Beras di Seluma Sudah Naik Rp300/Kg

 

Lebih lanjut, Sumiati mengatakan untuk untuk DD tahap ketiga ini akan dikucurkan sebesar 20 persen dari pagu anggaran DD sebesar Rp147 miliar. Karena DD disalurkan tiga tahap ke rekening desa. Tahap pertama 40 persen, tahap kedua 40 persen dan tahap ketiga 20 persen. "Saat ini pencairan DD tahap terakhir ke seluruh desa penerima. Untuk desa yang belum mengajukan kami harap segera memasukkan pengajuan. Sehingga DD bisa diproses serta desa tidak terlambat dalam melakukan realisasi anggaran," pungkas Sumiati.

 

Dijelaskan Sumiati, BKD terus maksimal memberikan pelayanan terhadap pemerintah desa. Namun tetap harus ada proses dan tahapan yang harus dilewati terlebih lagi DD ini bersumber dari pusat langsung yang mana proses pengajuannya melalui KPPN.(adt)

BACA JUGA: Terbentuk, Ikatan Dai Kabupaten Seluma

 

Sumber: