Kemarau, Stok Beras di Seluma Aman Ada 240 Ton

Kemarau, Stok Beras di Seluma Aman Ada 240 Ton

--

 

 

PASAR TAIS - Meski saat ini Kabupaten Seluma sedang dilanda kemarau dan ada informasi bahwa harga beras mulai mengalami kenaikan, masyarakat tidak perlu khawatir. Pasalnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma melalui Dinas Ketahanan Pangan menyampaikan saat ini ada 240 ton stok beras di gudang Bulog Provinsi Bengkulu. 

 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Seluma, Amri mengungkapkan, keamanan stok beras tersebut dilakukan dalam rangka mitigasi kekeringan yang mengancam Indonesia dalam 6 bulan ke depan. Kemudian dijelaskannya apabila nanti terjadi kemarau panjang dan beras berkurang. Maka stok ini bisa diambil dan dapat disalurkan kepada masyarakat melalui pasar murah ataupun bazar. 

BACA JUGA: Ciri Wanita Akhir Zaman Pengikut Dajjal

 

"Sebagai kesiapan kita ada 240 ton beras yang kini berada di gudang Bulog. Apabila nanti memang diperlukan maka ini bisa diambil dan disalurkan kepada masyarakat melalui pasar murah," kata Amri kepada wartawan, kemarin. 

 

Sementara itu informasi yang diterima saat ini banyak petani yang tidak bisa menggarap lahan mereka lantaran sedang musim kemarau. Sehingga hal ini juga yang mempengaruhi kenaikan sedikit harga beras di pasaran. Ditambah lagi ada beberapa area sawah yang saat ini belum memasuki panen dan diperkirakan pada pertengahan bulan ini.

BACA JUGA:Gelar Pasar Murah Beras, Bupati Bengkulu Selatan Ajak Warga Datangi DKP

 

Khususnya untuk sawah tadah hujan dipastikan tidak bisa dikelola karena sawah ini bergantung dengan curah hujan.(adt)

 

Sumber: