10 Gempa Bumi Terbesar, Dua Ada di Indonesia

 10 Gempa Bumi Terbesar, Dua Ada di Indonesia

gempa di palu--

 

 

Radar Seluma.Disway.Id,  Ternyata gempa yang terjadi di Marokko dengan kekuatan 6,8 SR dan menewaskan 300 orang, pada Jumat malam 8 September 2023, ternyata bukan gempa yang terdhasyat yang pernah terjadi. Ternyata gempa di Aceh tahun 2004 yang lalu, merupakan gempa terdhasyat dengan kekuatan 9,1 SR.

 

BACA JUGA:Festival Semarang Semakin Ramai, Ada Lomba Lukis Helm

 

Untuk diketahui, Gempa bumi merupakan salah satu bencana alam paling berbahaya dan mematikan di dunia. Terlebih jika memiliki skala kekuatan gempa atau magnitudo yang tinggi.

 

 Indonesia terbaru dilanda gempa bumi yang mengguncang wilayah Yogyakarta dan sekitarnya pada Kamis (8/6/2023) dini pukul 00.04 WIB dengan berkekuatan 6 magnitudo. Meskipun kekuatan gempa tak terlalu besar, tapi Indonesia termasuk salah satu negara yang memiliki catatan gempa bumi terbesar.


gempa di donggala palu--

 

Data dari situs berita sains, Live Science, Indonesia memiliki 2 dari 10 gempa bumi dengan magnitudo terbesar sepanjang sejarah. Salah satunya  gempa di Banda Aceh, Sumatra pada 26 Desember 2004 lalu.

 

Gempa ini memiliki kekuatan sebesar 9,1 magnitudo dan termasuk gempa terbesar ketiga dalam sejarah. Live Science mencatat, terdapat hampir 300 ribu orang tewas dan sekitar 1,2 juta orang mengungsi akibat gempa bumi tersebut.

Sumber: gempa dhasyat akibatkan korban ribuan