Suku Ini Unik! Demi Makam Orang Tua Megah, Siap Ngutang

Suku Ini Unik! Demi Makam Orang Tua Megah, Siap Ngutang

Penguburan saur metua di Batak Toba dilakukan dengan meriah--

 

 

Radar Seluma.Disway.Id, - Suku Batak Toba di Sumatera Utara, banyak berdiam di Tapanuli Utara, Simalungen, Tapanuli Tengah, Huambang Hasudutan, Samosir dan beberapa wilayah lainnya.

 

Suku ini masih sangat menjaga adat, khususnya yang tinggal di sana. 

Salah satu adat yang paling dijaga adalah Sair Metua, yang artinya orang tuanya meninggal dalam keadaan sudah tua. Anak-anaknya sudah menikah dan bekerja, bahkan sudah berhasil dan mendapat cucu.

 

BACA JUGA:Presiden Jokowi Rayu Jepang, Investasi di Infrastruktur Hijau ASEAN

 

Jika meninggal dalam keadaan sawir metua ini, maka akan ada pemakaman besar dan yang cukup banyak mengeluarkan biaya. Dan Saur Metua ini sama dengan di Suku Karo yakni Cawir Metua.

 

Termasuk dalam hal penguburannya, maka dilakukan dengan besar dan dilengkapi dengan musi. Bahkan kuburannya nanti akan besar.

 

Jika kita berwisata ke Sumatera Utara tepatnya ke Kabupaten Tapanuli ataupun kabupaten Karo, anda akan disuguhi pemandangan yang indah serta perkuburan atau makam yang besar-besar dan dibangun di kebun atau sawah yang luas. Makam besar yang biasanya makam keluarga, yang ditempatkan di kebun keluarga atau di sawah kelaurga.

Sumber: