Keterbukaan Informasi Menjadi Komitmen MARI! PN Bengkulu Selatan Siap Terapkan

   Keterbukaan Informasi Menjadi Komitmen MARI! PN Bengkulu Selatan Siap Terapkan

Ketua Pengadilan Negeri Bengkulu Selatan dalam jumpa pers--

 

BENGKULU SELATAN, Radar Seluma.Disway.Id,  - Kepala Pengadilan Negeri Manna, Coki Ana Pontia Oppusunggu SH.MH menuturkan, bahwa  keterbukaan informasi yang efektif dan efisien merupakan bagian dari komitmen Mahkamah Agung Republik Indonesia dalam rangka reformasi birokrasi, bahkan Mahkamah Agung telah lebih dahulu merealiasikan jauh sebelum Undang-undang keterbukaan informasi Publik. 

 

BACA JUGA:Ukir Prestasi, Atlit FAJI Bengkulu Selatan Raih Perunggu

 

"Dasar hukum Keterbukaan Informasi diatur dalam peraturan per Undang-Undang No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Dan lahirnya Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik secara historis dilatarbelakangi oleh bergulirnya reformasi dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia,"ungkap Coki pada kegiatan silaturahmi dan sosialisasi SK Ketua Makanan Agung RI No.2-144/KMA/SK/VIII/2022 tentang standar pelayanan informasi publik di Pengadilan Manna, Kamis (31/8/2023).

 

Dikatakan Coki, Reformasi yang sudah berumur satu dasawarsa telah membawa perubahan dalam sistem pemerintahan negara. Reformasi ditandai dengan adanya tuntutan tata kelola kepemerintahan yang baik (Good Governance) yang mensyaratkan adanya akuntabilitas, transparasi dan partisipasi masyarakat dalam setiap proses terjadinya kebijakan publik. 

 

"Setiap badan publik sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 pasal 7 ayat 3 wajib membangun dan mengembangkan sistem informasi dan dokumentasi untuk mengelola informasi publik secara baik dan efisien sehingga layanan informasi dapat memberikan akses dengan mudah,"ucap Coki.

 

Untuk pedoman pelayanan informasi yang sesuai ini melalui Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor : 2-144/KMA/SK/VIII/2022 tentang Standar Pelayanan Informasi Publik di Pengadilan.

 

BACA JUGA: Wabup Bengkulu Selatan Soroti Narkoba yang Kian Menjamur. Termasuk ke Pelajar sampai ke Desa

Sumber: