Dampak Minyak Rem Motor Habis, Bisa Fatal..Rem Blong, Simak

Dampak Minyak Rem Motor Habis, Bisa Fatal..Rem Blong, Simak

--

 

 

Minyak rem salah satu komponen yang sangat penting pada kendaraan, sama dengan oli gardan dan mesin. Minyak rem sangat dibutuhkan untuk mencegah kecelakaan karena rem blong. Simak ulasannya dibawah ini fungsi Minyak rem dan kenapa Minyak rem harus diganti serta berapa lama pemakaian Minyak rem harus diganti.

 

Karena saat tuas master rem bekerja, minyak rem akan mendorong piston di kaliper rem agar kampas bisa menjepit cakram sesuai tekanan saat tuas master rem ditarik. Selain itu, minyak rem juga bekerja mengurangi panas akibat gesekan logam pada komponen sistem pengereman, yakni kampas dan cakram.

 

Minyak rem bekerja untuk mendorong kaliper agar kampas bisa menjepit cakram. Apabila minyak rem berkurang, maka gerak balik piston dalam melepas tekanan menjadi terganggu. Hal ini dapat menyebabkan gesekan yang terus terjadi antara kampas dan cakram dan mengakibatkan kerusakan pada cakram.

 

Secara umum, penggantian minyak rem ini dilakukan pada interval 2 tahun atau pada 40.000 Km pemakaian. Namun, tergantung minyak rem yang dipakai, kalau minyak remnya bagus, masih tahan hingga 2 tahun pemakaian tanpa masalah.

 

Minyak rem yang sudah mulai menurun kualitasnya dan tidak segera diganti akan menyebabkan hilangnya kemampuan dalam mengontrol kecepatan mobil. Hal ini akan sangat berisiko sekali bila mengendarai mobil di medan tanjakan. Pada medan seperti ini, kendaraan akan sulit dikendalikan lajunya. (ndo)

Sumber: